Thursday, 8 March 2012

persyaratan masuk Universitas Negeri Makassar

seputarkampusorange_ujian nasional akan segera di gelar April mendatang. berbagai persiapan untuk menjemput acara megah tiap tahun itu talah dimulai. tidak terkecuali bagi SMA/SMK sederajat yang ada di nusantara ini. semua siswa-siswi pun telah melakukan persiapan sebaik mungkin demi dapat lulus dari UN ini. yang menjadi pertanyaan besar setelah itu adalah mereka yang nantinya lulus (amien) akan dihadapkan pada 2 pilihan yakni lanjut perguruan tinggi atau berhenti saja.

informasi yang tercatat bahwa, mereka (siswa-siswi) yang telah berhasil lulus lebih cenderung melanjutkan dari pada tidak. beberapa juga berfikir demikian. namun bagaimana caranya????



nah, adapun salah satu perguruan tinggi yang bakal mengelat penjemputan maba iya kampus orange UNM. ini diadakan tiap tahun sebagai agenda penting tiap PTN. jadi bagaimana bisa tergabung sebagai mahasiswa dari kampus orange ini? berikut langkah-langkahnya:



Penerimaan mahasiswa baru (maba) 2012 tidak hanya melalui SNMPTN, tapi juga akan dilaksanakan jalur undangan seperti penerimaan maba 2011. Hanya saja, kali ini penjaringannya berdasarkan nilai Ujian Nasional (UN). Hal itu berdasarkan Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Suparlan menilai, menjadikan UN 2012 sebagai salah satu syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), merupakan salah satu apresiasi terhadap kualitas pendidikan nilai UN. 
Menurut salah satu Guru Besar UNM ini, hal tersebut dilakukan agar UN berpengaruh terhadap kredibilitas dan tidak lagi dipandang sebelah mata. “Kalau perlu nilai-nilai siswa dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas juga menjadi pertimbangan karena disitu bisa dilihat prestasi-prestasi siswa,” ujarnya.
Menurutnya, UNM harus bisa memaksimalkan jalur-jalur penerimaan yang disediakan oleh pemerintah. “UNM harus merencanakan dan konsep yang matang untuk penerimaan mahasiswa barunya, karena dia (UNM-red) harusnya mengetahui kualitas siswa yang akan masuk di kampusnya,” sarannya. “Sudah saatnya pemerintah memperhatikan dan mengawasi secara maksimal pelaksanaan UN yang selama ini menjadi momok mengerikan bagi dunia pendidikan di Indonesia,” tambahnya.
Senada dengan Pembantu Rektor Bidang Akademik, Sofyan Salam menilai, keputusan pemerintah mengenai UN sebagai salah satu syarat masuk PTN dimaksudkan agar kita bersama-sama menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. “Kami akan menerima siswa dari berbagai sekolah dengan jalur undangan dengan melihat prestasi siswa, nilai raport, akreditasi sekolah juga akan menjadi pertimbangan,” ujarnya.
Sekedar diketahui, UNM membuka pendaftaran mahasiswa baru 2012 jalur undangan mulai dibuka 1 Februari hingga 8 Maret. “Tidak menutup kemungkinan, ada siswa yang lulus jalur undangan akan di cancel jika tak lulus UN,” tuturnya.
 
© Copyright 2010.seputarkampusorange.com . All rights reserved | hadir untuk mereka yang semangat belajarBlogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com