Home » » Tata Cara Mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Tata Cara Mengikuti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Posted by DEC Development Education and Culture on Wednesday, 11 April 2012

DEC_Salam pendidikan buat teman-teman yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional (UN) 2012. Nah disini kakak akan berbagi sedikit info mengenai informasi seputar pendaftaran masuk ke PTN yang lebih dikenal dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nah buat beberapa teman-teman yang tengah mempersiapkan diri buat UN nya, moga berjalan lancer yah. Tapi kali ini postingan kakak khusus buat  tata cara atau jalur masuk ke PTN yang ada di Indonesia.


Nah, Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi melalui pola seleksi secara nasional dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri secara bersama untuk diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.


Hal ini tidak begitu berbeda dengan tahun sebelumnya. Boleh dikatakan tata caranya sama. Namun dalam pemetaan tanggalnya yang agak sedikit berbeda. Berdasarkan hasil rapat Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Jakarta pada tanggal 14 Oktober 2011, para Rektor Perguruan Tinggi Negeri di bawah koordinasi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2012 merupakan satu-satunya pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak. SNMPTN 2012 dilaksanakan melalui (1) undangan (jalur undangan) berdasarkan penjaringan prestasi akademik, dan (2)ujian tulis (jalur ujian tulis).(khusus program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan melaksanakan ujian keterampilan). Sejalan  dengan program Pemerintah tentang Bidikmisi, bagi calon yang dinyatakan diterima melalui  masing-masing jalur seleksi dapat mengajukan permohonan memperoleh beasiswa Bidikmisi sehingga mendukung keberlanjutan studinya.

Jenis tes dalam SNMPTN tetap terbagi atas IPA, IPS, IPC. Sedangkan tanggal yang disediakan yakni di khusus jalur undangan yakni 1 Februari dengan tempat pembayaran yang sama yakni di Bank Mandiri bisa melalui ATM, bank cabang, SMS banking atau Internet banking. Sedangkan untuk pendaftaran SNMPTN nantinya yakni 10 mei 2012.

Adapun kartu peserta SNMPTN akan didapatkan setelah pengisian berkas pendaftaran secara on line yang tentunya diawali dengan pembayaran pada bank yang di maksudkan diatas. Tips dalam pengisian kartu peserta  nanti:
1.    Agar teman-teman biasa mengikuti dan mengisi kolom dengan benar;
2.    Pastikan mengecek ulang kebenaran sebelum melanjutkan kehalaman berikutnya;
3.    Masukkan nomer id dari kuitansi pembayaran dengan hati-hati sebelum digunakan (kesalahan sedikit mengakibatkan Anda harus membayar ulang);
4.    Download kartu peserta Anda lalu print out dan siapkan untuk ujian tes SNMPTN nanti.
Nah guys, sekian info yang kakak bawakam di postingan ini. Moga lancer yah dalam SNMPTN nanti. Tapi sebelum itu, focus dulu ke UN nanti. Law ada pertanyaan seputar info diatas silahkan koment. Good lucky guys, salam pendidikan.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}