Home » » Menjaga Jantung dan Paru-paru Tetap sehat

Menjaga Jantung dan Paru-paru Tetap sehat

Posted by DEC Development Education and Culture on Monday, 4 June 2012


                DEC_Hi guys, kesehatan merupakan sebuah nikmat yang diberikan oleh Allah SWT yng sangat berharga. Tentunya hal ini merupakan suatu berkah dan pemberian yang harus kita jaga sebaik mungkin. Mengetahui serta menjaga kesehatan juga merupakan suatu ibadah yang bernilai pahala di sisi-Nya. Tentunya tubuh yang sehat akan memberikan kesegaran dan kebugaran kepada sipemilik sehingga sipemilik tubuh tersebut dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik dan lancar.
 
                Salah satu organ penunjang kesehatan yakni jantung dan paru-paru. Kedua organ ini merupakan organ penting yang bertanggung jawab mengangkut oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh. Untuk itu ketahui apa saja yang perlu dikomsumsi untuk menjaga jantung dan paru-paru tetap sehat. Latihan kardiovaskular juga seperti berlari atau bersepeda bisa memperkuat  organ-organ vital, tapi juga nutrisi yang tepat juga dapat meningkatkan kesehatan kardiorespirasi yang meliputi jantung dan paru-paru.


                Selain itu, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru bisa menurunkan risiko berbagai kondisi dan membantu melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih baik. Menurut American Heart Association nutrisi asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh ganda bisa membantu menjaga kadar kolestrol sehat, sehingga baik untuk jantung. Karena jika ada ketidakseimbangan kadar kolestrol bisa menyumbat dan membuat dinding arteri mengeras atau menebal.

                Nutrisi lain yang baik untuk menjaga irama jantung sehat dan mengurangi kadar kolestrol jahat adalah vitamin E, kalsium, kalium dan selenium. Makanan yang bisa dikomsumsi adalah alpukat dan almond sebagai sumber lemak sehat, ikan salmon dan sarden yang tinggi asam lemak omega-3 serta buah segar untuk asupan kalsium dan kalium.

                Sedangkan untuk paru-paru baiknya mengkomsumsi antioksidan yang bisa bekerja mengeluarkan racun dari tubuh, seperti konsumsi vitamin C, E dan betakaroten yang juga membantu meningkatkan fungsi paru-paru.

                Untuk nutrisi memainkan peran sebagai anti-inflamasi yang penting dalam mendorong kesehatan paru-paru adalah asam lemak omega-3 dan flavonoid. Dalam sebuah studi American Journal of Epidemiology baru-baru ini mengemukakan, mineral magnesium, potassium dan sodium meningkatkan volume paru-paru dan aliran oksigen. Makanan yang seperti buah segar yang kaya antioksidan untuk memperkuat paru-paru, seperti tuna dan halibut yang mengandum magnesium dan asam lemak omega-3, serta herbal mint untuk melonggarkan saluran udara meningkatkan fungsi paru-paru secara keseluruhan.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}