Home » » Menonton Pertandingan Olahraga Bisa Memicu Kematian

Menonton Pertandingan Olahraga Bisa Memicu Kematian

Posted by DEC Development Education and Culture on Monday, 4 June 2012


                DEC_Hi guys, menonton merupakan aktivitias yang tentunya banyak menguras emosi. Baik itu berupa berita, drama, sinetron, ataupun olahraga. Tentunya menonton juga merupakan kegemaran masyrakat dunia. Di waktu luang ataupun dalam mengisi waktu, menonton merupakan alternatif yang sangat banyak di pilih. Terlebih hal tersebut bila seseorang sudah ketagihan untuk terus menonton.
 
                Salah satunya bila menonton pertandingan olahraga dengan emosi tinggi bisa memicu ganguan jantung. Ada banyak bukti ilmiah yang menunjukkan menonton pertandingan yang emosional bisa menyebabkan masalah jantung.


                “diketahui risiko terkena serangan jantung koroner meningkat sebesar 25% pada hari pertandingan hingga 2 hari setelahnya,” ujar Dr Keith. Tidak hanya itu, “pada orang yang sudah memiliki masalah dengan jantung, maka risiko terkena serangan jantung menjadi 2 kali lipat lebih tinggi selama mengalami stress psikologis.”

                 Dia juga menuturkan bahwa menonton pertandingan olahraga 2 kali lipat > menimbulkan masalah, terlebih bila tim favoritnya menang. Hal ini kemungkinan karena menonton olahraga seseorang merokok, terlebih bila mengomsumsi minuman dan meningkatkan kadar hormone stres sehingga sirkulasi darah tidak lancar.

                Masalah apa yang ditimbulkannya?

                Ketika seseorang merasakan tegang maka tubuh akan melepaskan hormone yang membuat darah jadi lebih lengket. Kemudian seseorang akan besemangat yang membuat denyut nadi serta darah meningkat. Ganguan kondisi tersebut membuat arteri koroner seseorang tergangu, terutama jika memang sudah ada sedikit penyempitan atau sumbatan pembulu darahnya sehingga memicu nyeri dada yang tiba-tiba disertai sesak nafas yang membuat orang mengalami serangan jantung.

                Untuk mengurangi risiko masalah jantung mulailah dengan mempraktikkan teknik pernafasan saat menonton pertandingan olahraga, serta hindari makanan yang mengandung kadar natrium atau garam tinggi dan minuman alkohol.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}