Home » » Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Posted by DEC Development Education and Culture on Wednesday, 31 October 2012

DEC_Hi guys, hari sumpah pemuda baru saja kita peringati beberapa hari yang lalu. hari dimana yang diyakini sebagai hari bagi para pemuda pemudi bangsa ini menjadi event yang sangat spesial. bangsa yang telah merdeka sejak tahun 1945 ini menanti gebrakan baru dari para pemuda bangsa yang juga sebagai tunas dan calon pemimpin bangsa dimasa mendatang.


Bangsa Indonesia dikenal dimata dunia sebagai bangsa yang besar, sebuah bangsa merdeka yang berhasil memperjuangkan kemerdekaannya dengan tangan sendiri. dengan adanya saling bahu-membahu untuk mendapatkan kemerdekaan. baik para pejuang tua maupun pasukan-pasukan dan barisan pemuda indonesia yang ikut  bagian mengukir sejarah yang hingga kini kita kenang setiap tanggal 17 Agustus. oleh karenanya itu, para pemuda dianggap penting bagi masyarakat kita.

Teks Sumpah Pemuda Isi Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda versi orisinal / tulisan asli:
  1. Pertama : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  2. Kedoea   : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga : Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.
Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:
  1. Pertama : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  2. Kedua  : Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Ketiga  : Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Bahasa persatuan kita adalah bahasa Indonesia, bahasa yang menjadi penunjang utama serta pemersatu masyarakat Indonesia di seluruh pelosok persada bumi kita ini. merupakan bahasa yang kita jadikan pengikat persaudaraan dan hati kita masing-masing.

Memperingati hari sumpah pemuda, hari kita khususnya bagi para pemuda dan pemudi, tidak hanya dengan mengetahui lalu membiarkan itu saja lewat. namun juga sebagai pengingat kita bahwa kita para pemuda negeri ini harus tetap ada dan memberdayakan bangsa serta bahasa indonesia. menghargai tiap bahasa-bahasa daerah dan juga melestarikan buda-budaya kita yang beraneka ragam. mengurangi konflik sosial dengan saling mengerti dan mencintai layaknya saudara. lalu tumbuh menjadi tunas-tunas bangsa yang menjadi kebanggaan bangsa kita ini. menanamkan jiwa patriotik dan kreativitas kita agar Indonesia bisa kembali terbang tinggi layaknya sang garuda diangkasa dan kibaran sang saka merah puti diseluruh plosok negeri ini.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}