Home » » Jeka-jeka sebagai Permainan Masyarakt Bugis

Jeka-jeka sebagai Permainan Masyarakt Bugis

Posted by DEC Development Education and Culture on Sunday, 11 November 2012

DEC_Hi guys, pada siang hari ini yang cukup panas, kita akan membahas mengenai salah satu dari banyaknya permainan mendidik khas suku bugis. permainan ini disebut sebagai jeka-jeka atau engrang. permainan sederhana ini sangatlah diminati anak-anak dan juga memiliki beberapa tingkat kesultan sendiri dalam menjalankannya.


Permainan yang dibuat dari bambu ini dibentuk memanjang lalu diberi pijakan pada tinggi yang kita sesuaikan atau inginkan. oleh karena permainan ini membutuhkan keseimbangan dari pemain karena pemain harus mampu berdiri diatas ketinggian yang telah disesuaikan dengan menjadikan bambu itu sebagai kaki kita

permainan yang cukup menguji adrenali ini biasanya dimainkan anak-anak dikala musim panen tiba atau musim panas. sebagai permainan yang menantang ini, tidak jarang diadakan lomba balap antar para pemain dengan cara berlari, berjalan mundur maupun  melompat. tingkat kesulitannya pun berbeda antara berlari, berjalan mundur dan melompat.

Dengan mampu mengontrol keseimbangan dan kemampuan mengontol bambu-bambu ini maka permainan ini akan semakin menantang. menjalankan permainan ini kadang pula diikuti dengan batok kelapa muda yang menyerupai jejak kaki kuda, namun terkesan pendek. sehingga permaian jeka-jeka ini lebih diminati tidak hanya dikalangan anak-anak saja, namun remaja maupun orang tua pun kadang menggunakannya guna mengenang masa lalu mereka.

Adapun pelajaran yang dapat dipetik dari permainan ini adalah dengan belajar untuk bisa mengontrol kemampuan otak kanan dak kiri kita dalam menjalankan permainan ini. kekmpakan, kepemimpinan, keseimbangan dan tetap fokus dihampir setiap saat.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}