Home » » Kurikulum Baru Pasca 2012

Kurikulum Baru Pasca 2012

Posted by DEC Development Education and Culture on Saturday, 3 November 2012


DEC_Hi guys, kembali seputar kampus orange membagikan sebuah info baru dari dunia pendidikan mengenai akan diadakan sebuah kurikulum baru pasca 2012 nanti. kurikulum yang nantinya akan diterapkan ini diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan kita yang sebelumnya sempat menjadi perbincangan karena sering bermasalah.

Gagasan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam menggantikan wujud dari  kurikulum yang sebelumnya (KTSP 2006) sendiri dengan kurikulum baru direncanakan akan diterbitkan diawal tahun depan ini telah mendapat respon dan akan terrealisasikan tepat waktu. hal ni telah dijadwalkan akan dimuali pada Februari mendatang dengan konsep penyederhanaan terhadap konsep kurikulum sebelumnya.


Ada pun wujud baru ini nantinya yang telah disaring oleh pihak pemerintah dan pakar pendidikan sendiri yakni dengan pembahasan yang lebih sederhana dan mendasar. tentu saja untuk siswa-siswi di jenjang sekolah dasar (SD) akan diadakan 7 mata pelajaran dasar dari sebelumnya 11 mata pelajaran yang diajarkan
Terkonsep dari segi peyederhanaan mata pelajaran bagi siswa-siswi tingkat SD ini nantinya diharapkan mampu memberi hasil yang lebih baik dibanding dengan konsep KTSP yang digunakan 2006 lalu bahkan beberapa konsep kurikulum sebelumnya. dengan begitu pula mampu mengembangkan potensial siswa sebaik mungkin guna mencetak manusia yang lebih baik lagi.

Selaras dengan penjelasan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Suyanto yang dikutip dari Kompas (02/10). Inilah 7 mata pelajaran yang akan diajarkan untuk siswa SD di kurikulum pendidikan baru 2013 nantinya:

1. Pendidikan Agama
2. Bahasa Indonesia
3. PPKn
4. Matematika
5. Kesenian
6. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan
7. Pengetahuan Umum

Dikisahkan pula bahwa Suyanto telah menuturkan bahwa untuk beberapa mata pelajaran di SD dalam kurikulum pendidikan baru ini akan lebih disederhanakan, dengan ketentuan isi lebih mendalam dan prospektif. tentu saja ini akan berbeda dengan materi tingkat SD yang sebelumnya dengan jaringan yang lebih luas namun pengkajian materinya terbilang terbatas dan tak menyeluruh.
Sedangkan untuk mata pelajaran IPA dan IPS, Kemendikbud menimbang akan tetap diadakan namun dalam bentuk konsep baru untuk jenjang SD. Dikatakan bahwa keduanya akan dijadikan satu mata pelajaran bernama Pengetahuan Umum dengan konten yang terintegrasi dengan tingkatan-tingkatan selanjutnya (SMP dan SMA).

Kemendikbud sendiri lebih menitipberatkan mata pelajaran yang lebih menfokuskan dalam pembentukan sikap serta moral dan berisikan dasar-dasar mata pelajaran yang tentunya mengandum substansi pengembangan wawasan secara umum. Kurikulum baru ini juga akan disosialisasikan serta diuji ke publik waktu peredarannya kani berkisar 13 Februari, dan segera mungkin diberlakukan pada tahun ajaran 2013-2014.



0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}