Home » » Mahasiswa Sebagai Acuan Pendidikan

Mahasiswa Sebagai Acuan Pendidikan

Posted by DEC Development Education and Culture on Thursday, 1 November 2012

DEC_Hi guys, sebagai seorang pelajar Indonesia, belajar merupakan fokus utama yang selalu kita lakukan disetiap detiknya. perihal apa yang kita pelajari itu tergantung minat kita sebagai pelajar untuk menguasai satu materi. jenjang pendidikan di Indonesia pun jelas dan semua diatur jelas oleh undang-undang dalam wujud kurikulum.

Mahasiswa yang berasal dari kata "maha" dan "siswa" yang berarti  seorang pelajar ditingkat tertinggi. para mahasiswa merupakan citra pendidikan yang ada di negara kita. begitu tingginya martabat seorang peajar yang bergelar mahasiswa yang belajar di jenjang universitas ini. oleh karena itu, wajah pendidikan negara kita dikiaskan dari para pelajar-pelajar terhormat ini.

Berbagai hasil karnya yang telah ditembuskan mahasiswa kita di dunia internasional. namun betapa miris ketika nama mahasiswa kita digambarkan sebagai sosok yang bringas dan tukang protes pada pemerintah yang digambarkan oleh masyarakat-masyarakat kita. hingga beberapa aksi yang mahasiswa kita lakukan dalam wujud yang tidak mencerminkan sebagai seorang pelajar.

Meski hanya sebagian kecil pelaja-pelajar kita yang terlibat masalah, nama agung mereka pun ikut tercoreng oleh hal tersebut. tingkatan-tingkatan dibawahnya pun mulai melakukan hal yang sama seperti yang dicontohkan oleh kakak-kakaknya itu. sebagai seorang pelajar, kita harusnya bersedih. meskipun kadang apa yang teman-teman kita perjuangkan itu benar, namun dalam pengaplikasiannya dan pengwujudannya tidak sewajarnya dilakukan, terlebih dengan merusak fasilitas umum sebagai wujud kekecewaan.

Pendidikan yang diupayakan menyeluruh oleh pancasila dan undang-undang, bila tidak ditanggapi dan direspon sebagik mungkin, tentu kitalah sendiri sebagai pelaku. namun pihak lain sebagai masyarakat juga mesti menanggapi dan memberi ruang bagi teman-teman kita. kurangnya pendidikan moral dan saling menghormatilah yang menjadi salah satu objek untuk menjadi sarana seperti itu.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}