Home » » Translation of The Other Half (UNM: Business English C/ Bahasa Indonesia)

Translation of The Other Half (UNM: Business English C/ Bahasa Indonesia)

Posted by DEC Development Education and Culture on Friday 26 April 2013

-->

Adegan di dalam hati, pikiran dan jiwa-jiwa mereka yang terlibat
Waktu ketika hal-hal yang seharusnya tidak terjadi, terjadi. 
Cast:   NARRATOR: IRA
TEENAGE GIRL: DARNI
SURGEON: YUMNA
TWIN ONE: TUTI
TWIN TWO: DARNI
DOCTOR:FAJAR
MOTHER: YAYA
FATHER: FAJAR

SETTING: Cermin panjang yang berdiri. Di kiri tengahnya ada bangku, ayunan, atau sofa. (Bukan kursi cinta.) berdiri dengan baki yang memajang peralatan bedah dan pisau bedah yang berbeda.
Cahaya di atas cermin. GADIS REMAJA masuk dari bayang-bayang. Dia masih dalam tahap awal pubertas. Dia meneliti bayangannya dari jarak kecil. Ekspresinya sangat muram. Melihat langsung di cermin, ia membuka bajunya. Dia memiliki bekas luka yang sangat menonjol di dadanya, di atas tulang dadanya. Masih mencari di cermin, ia menelusuri bekas luka dengan jarinya. Dia mendekati cermin dan berdiri sebelum. Dia mencoba menelusuri bekas luka di refleksi, tapi tentu saja tidak bisa. Dia menatap ke dalam mata refleksi dan mencoba menyentuh wajahnya, sekali lagi sia-sia. Dia meraih memegang sisi cermin itu, menutup matanya, dan perlahan-lahan menarik dirinya ke cermin, menekan bekas dia terlebih dahulu. Dia ragu-ragu melawan permukaan yang dingin, tapi akhirnya merangkul cermin sehingga bayangannya tampaknya akan berusaha untuk memeluknya sebagai balasannya, meskipun mereka dipisahkan oleh partician yang tak terlihat. Lampu memudar ke ketiga setengah atau satu di GADIS REMAJA dan naik menjadi penuh pada baki alat bedah sampai tengah meja operasi. DOKTER BEDAH memasuki dan melewati alat. Dia memakai masker bedah, tapi tidak ada sarung tangan, topi atau masker.
DOKTER BEDAH Mereka dibawa ke saya. Saya tidak ingin merenungkan mengapa tugas ini menjadi milikku. Pada saat yang sama, saya tidak bisa percaya bahwa hal itu terjadi pada saya karena jadwal rumah sakit dan rujukan profesional. Tampaknya ada pelajaran di sini. Namun, saya tidak tahu apa pelajaran yang mungkin bisa. Dua bayi perempuan yang baru lahir, bergabung bersama di dada, berbagi satu hati. Dua bayi perempuan. Ini adalah pekerjaan saya, tugas saya, bagian dari profesi saya yang dipilih, untuk memisahkan bayi perempuan tersebut, dua jiwa kecil berbagi satu hati kecil, pekerjaan saya untuk memisahkan mereka selamanya. Selalu ada beberapa risiko dalam pemisahan kembar siam. Selalu ada risiko bahwa salah satu atau kedua mungkin mati dalam pemisahan. Dalam kasus ini, tidak ada risiko tersebut. Salah satunya, bayi perempuan yang baru lahir, salah satu gadis-gadis kecil, akan mati. Tidak ada resiko. Ketidakpastian Tidak ada. Tidak ada harapan yang menantang nasib. Satu-satunya risiko adalah bayi yang satunya bisa hidup.
 (Cewek Kembar) dari segala usia, masing-masing mengenakan selimut merah muda atau jubah, Mereka berpegangan tangan,. Memeluk, atau sebaliknya entah bagaimana terhubung satu sama lain.)
DOKTERR BEDAH. Cangkir bisa menjadi setengah kosong atau setengah penuh.
 --------------------------------------------------------------------
SATU Ketika aku tumbuh dewasa,
DUA Aku ingin menjadi.
DOKTER BEDAH Kepada mereka, aku katakan, "Aku punya setengah cangkir."
SATU Aku ingin melihat cahaya musim gugur.
DUA Aku ingin mencium chocolate chip cookie.
DOKTER BEDAH Aku tahu kedua pernyataan sama-sama benar.
SATU Aku ingin mencicipi laut.
DUA Aku ingin mendengarkan Mozart dan mencari tahu apa hebatnya.
DOKTER BEDAH Aku tahu aku menyelamatkan kehidupan. Setidaknya, aku tahu aku sedang mencoba.
SATU Aku ingin menampar wajah seseorang.
DUA Aku ingin pelukan.
DOKTER BEDAH Aku juga tahu, setelah aku membuat keputusan aku, setelah aku menemukan yang mana dari boneka siam aku yang lebih layak secara medis, setelah aku selesai bersiap-siap dan aku menurunkan pisau bedah itu, aku tahu aku mengambil kehidupan juga.
SATU Aku akan melukai kulit lutut aku di taman bermain.
DUA Aku akan mencium anak laki-laki dan melarikan diri.
DOKTER BEDAH Dan dalam setengah cangkir, aku tahu aku akan berhasil. Bayi yang dipisahkan jelas tak dapat bertahan tanpa jantungnya.
SATU Aku akan membaca novel roman sampah dan majalah Playgirl.
DUA Aku akan bermain dengan diriku sendiri di tempat persembunyian rahasiaku.
DOKTER BEDAH Dia harus menyerah, dengan tidak rela, untuk kembarannya, seolah-olah itu beberapa mainan.
SATU Aku akan kehilangan keperawananku di kursi belakang mobil Yugo.
DUA Aku akan menikah dengan pria yang pertama jatuh cinta dengan aku, membuat aku patah hati, bawa dia dengan semua kelayakannya, tinggal di luar negeri di Eropa, dan menikah lagi.
DOKTER BEDAH Tapi, tidak ada mainan lain baginya untuk bermain bersama.
SATU Aku akan mendapatkan cedera serius dalam kecelakaan sepeda motor.
DUA Aku akan berjalan-jalan pada musim panas dan berhenti mati di angin sejuk.
DOKTER BEDAH Dan dalam hal ini – dalam menyelamatkan potensi hidup, hidup berakhir dengan positif, latihan bekerja dalam keajaiban medis, dalam perang tidak pernah berakhir menentang ketidakmungkinan genetik - tidak ada yang menjamin jantung bekerja.
SATU Aku akan menyelinap ke dalam film yang berbeda pada multiplexes.
DUA Aku akan memejamkan mata.
DOKTER BEDAH Bukan bayi yang masih hidup.
SATU Aku akan memanggil nama orang jahat dan menangis ketika mereka memukul aku.
DUA Aku akan memakan makanan dari tempat sampah.
DOKTER BEDAH Bukan aku. Aku pikir aku takut.
SATU Aku akan menjadi wanita kedelapan yang tewas dalam pertempuran.
DUA Aku akan bertanya-tanya siapa pemerkosa aku selama sisa hidup aku dan tidak pernah tahu apakah dia pernah sekamar denganku.
DOKTER BEDAH Aku takut keseimbangan.
SATU Aku akan bunuh diri, kecanduan heroin, vagina tanpa diskriminasi, makan sebanyak-banyaknya lalu membersihkannya, bersenjata membabi-buta, tidak mandi, jadi mantan anggota gereja Episkopal, telanjang secara terbuka, anti kemapanan, jadi penyanyi folk pada VH-1.
DUA Aku akan membeli topi terlalu banyak dan sepatu yang  masih jauh dari cukup.
DOKTER BEDAH Sebagai seorang DOKTER, aku melihat perlawanan tubuh manusia dan dengan kontra melawan diri terus-menerus.
SATU Aku akan bekerja sebagai karyawan sementara dan merayu bos aku.
DUA Aku akan sangat bingung tentang kebangkitan kepentingan umum dan popularitas hula hoop.
DOKTER BEDAH Setiap tindakan memiliki reaksi yang sama dan berlawanan.
SATU Aku akan membenci seni pertunjukan.
DUA Aku akan berpatroli di bus sekolah aku.
DOKTER BEDAH Ketika tubuh mengalami anoreksia, tidak dapat lagi mendukung kehidupan kehamilan, mereka berhenti menstruasi.
SATU Para lelaki akan mempermalukan aku di perkemahan musim panas.
DUA Aku akan memukul kepala seseorang, karena mereka memotong jalurku di lalu lintas.
DOKTER BEDAH Mereka menjadi steril.
SATU Aku akan menjadi istri yang sudah babak belur dan feminim.
DUA Ketika aku sudah tua dan sendirian, aku akan menghancurkan stereotip dan tinggal di sebuah rumah besar yang berdebu dari lingkungan. Bukan hanya kucing, aku akan memiliki rumah dengan banyak warna wombat.
DOKTER BEDAH Ketika aku mengambil jantung ini jauh dari bayi yang baru lahir, bayi dengan mata yang biru, ketika aku menutup mata selamanya, bagaimana aku akan melihat dunia?
SATU Aku akan antusias mendapati bayi aku muntah.
DUA Aku akan menghancurkan pemerintah dunia dengan mengatakan aku tidur dengan para pemimpin mereka.
DOKTER BEDAH Dan akan aku menyerah karena jantungku padanya untuk membawa miliknya pergi?
SATU Aku akan berterima kasih kepada Tuhan untuk standar sabuk pengaman dan kantong udara disamping penumpang.
DUA Aborsi kedua aku akan komplikasi, tapi ketiga aku akan baik-baik saja.
DOKTER BEDAH Dapatkah aku bertahan tanpa salah satu dari mereka berdua?
SATU Aku akan mencintai seorang pria yang tidak memiliki keterampilan sosial atau integritas sastra, tetapi yang tidak memiliki pantat yang sangat imut, sangat-sangat jauh.
DUA Aku akan membenci orang tua aku.
DOKTER BEDAH Apakah aku bisa hidup dengan salah satu dari mereka berdua?
SATU Aku akan memanggil teman-teman untuk makan malam.
DUA Aku akan bekerja sambilan pada krisis.
DOKTER BEDAH Apakah aku bisa menyaksikan tubuh mungil disimpan jauh di tas ritsleting terkecil seolah-olah dia adalah beberapa tumor yang dipisahkan dan dibuang ke piring ginjal?
SATU Aku akan menonton tayangan ulang Hello, Larry dan Different Strokes, namun tidak akan menceritakan kepada siapapun.
DUA Aku akan mengkhianati orang-orang yang mencintaiku.
DOKTER BEDAH Dan bagaimana jika aku?
SATU Aku akan menyukai makanan Meksiko, tapi itu tidak akan mencintaiku.
DUA Aku akan menempel ke jari pertama yang mengelus telapak tanganku.
DOKTER BEDAH Bagaimana jika aku tidak bergeming?
SATU Aku akan menikmati seseorang aku mencium leherku dari belakang.
DUA Aku akan bersuka ria tidak ada yang memanggang kue keju.
DOKTER BEDAH Bagaimana jika aku kembali ke bayi lainnya, bayi perempuan yang baru lahir lainnya, dan menutup dirinya?
SATU Aku tidak akan bisa menyingkirkan orang yang dengan buram mengingat pesta persaudaraan, ia berpikir akan membentuk sebuah ikatan yang serius dengan aku karena ia memegang rambutku sementara aku menghempaskan rambutku.
DUA Aku akan menjadi terobsesi dengan pengharum udara.
DOKTER BEDAH aku tidak mampu memberikan yang hilang, saat keheningan kecil, sepotong waktu dan menghormati yang lebih kecil bahkan dari lebarnya kuku bayi baru lahir, mendesah dan memberi hormat sehingga dia layak mendapatkan.
SATU Aku akan menangis di pesta pernikahan dan makan di pemakaman.
DUA Aku akan tahu kita saling mencintai, tapi aku tidak akan tahu mengapa kita tidak bisa mengatakan begitu.
DOKTER BEDAH Jadi, aku tidak akan.
SATU Aku akan membenci Smurf.
DUA Aku tidak akan pernah mendapatkan bahkan dengan anak-anak yang lebih besar sekalipun mencuri uang makan siangku dan mengunci saya di dalam loker.
DOKTER BEDAH aku dibebaskan dari perbudakan acara.
SATU Aku akan membutuhkan lebih banyak ruang sehingga auraku dapat tumbuh sejahtera dalam lingkungan yang stabil.
DUA Aku akan membantu teman terdekat aku mengubur mayat.
DOKTER BEDAH Bagaimana jika aku tidak keberatan?
SATU Aku akan naik roller coaster favoritku sampai taman bermain tertutup.
DUA Aku akan melihat Jurassic Park lain waktu.
DOKTER BEDAH Bagaimana jika aku tidak melihat?
SATU Aku akan bertanya-tanya apa yang hilang.
DUA Aku akan bertanya-tanya mengapa hal itu hilang?
DOKTER BEDAH Apa yang harus aku lakukan ketika aku sudah selesai?
(Lampu bersinar setengah pada si Kembar. DOKTER dalam setelan mahal dan mencolok cerah, jas lab putih, masuk dan menyeberang ke DOKTERR BEDAH tersebut..)
DOKTER Berhentilah mengeluh.
DOKTER BEDAH Aku tidak mengeluh.
DOKTER Apakah Anda terampil? Apakah Anda kaya? Apakah Anda termasuk klub negara dan bermain golf atau olahraga borjuis seperti itu?
DOKTER BEDAH Tergantung pada kesempatan.
DOKTER Anda adalah seorang ahli. Anda telah memisahkan anak kembar sebelumnya. Tentu, kebanyakan dari mereka selamat, tapi tidak semua dari mereka. Benar?
DOKTER BEDAH benar.
DOKTER Jadi, apa masalahnya? Ini bukan seolah-olah Anda benar-benar akan melihat anak dikorbankan sebagai segumpal jaringan tubuh yang berlebih. Apakah itu yang Anda mau?
DOKTER BEDAH Tidak. Aku tidak berpikir begitu.
DOKTER Aku juga tidak aku akui, itu bukan posisi yang nyaman untuk masuk. Para dokter disalahkan untuk memainkan Tuhan, untuk menantang Tuhan, untuk membingungkan dirinya sendiri dengan Tuhan. Yah, tampak bagiku seperti Tuhan agak ragu-ragu sendiri saat ia melakukan hal ini.
DOKTER BEDAH Aku pikir kami tidak harus percaya pada Tuhan.
DOKTER Kami percaya pada diri kita sendiri. Ini hal yang sama, bukan?
DOKTER BEDAH Apakah itu?
DOKTER Ayo. Anda akan melakukan yang terbaik yang Anda bisa dengan apa yang Anda miliki dengan bekerja sama. Ini adalah situasi menang-kalah, pastinya. Tapi setelah semuanya berakhir, itu diluar kendalimu. Anda telah melakukan yang terbaik. Anda tidak sempurna.
DOKTER BEDAH Apakah aku masih memiliki jiwaku?
DOKTER Siapa bilang Anda memiliki satu sekarang? Tumbuhlah dengan dewasa. Apa pekerjaan Anda. Senyum untuk kamera. Menyelamatkan hari dan lupakan apa yang terjadi tadi.
DOKTER BEDAH Tapi, aku tidak akan lupa. Oke, oke, bagaimana jika kau benar. Bagaimana jika aku pikir aku baik-baik saja. Berapa lama akan bertahan? Ketika aku akan menyadari bahwa itu tidak apa-apa Bahwa aku tidak apa-apa? Selama operasi? Mengemudi di jalan tol? Suatu hari nanti, jauh dari sekarang, Ketika aku akhirnya punya waktu sendirian? Kapan aku akan mengakui bahwa aku telah hidup dalam potongan-potongan?
DOKTER Mengapa kau bertanya padaku? Apa? Anda ingin membiarkan mereka berdua mati atau bisakah Anda menyelamatkan salah satu dari mereka?
DOKTER BEDAH Dan jika dia hidup, lalu apa? Akankah gadis berusia empat belas tahun datang menemuiku di kantorku, lama setelah aku sudah lupa semua bahwa aku telah membunuh kakaknya? Apa yang akan dia katakan kepada aku?
DOKTER Tidak, itu tak akan pernah terjadi, namun: ia mungkin akan mengatakan "Terima kasih karena telah menyelamatkanku." Apakah Anda tenang saja. Anda tidak baik untuk siapapun seperti ini.
(Lampu mengarah setengah pada DOKTER dan DOKTER BEDAH dan menyinari penuh pada IBU DAN AYAH.)
IBU Aku tidak tahu apa yang harus dilakukan untuknya.
AYAH Dia adalah anak yang sulit.
IBU Mungkin kita seharusnya tidak memberitahunya.
AYAH Bagaimana kita bisa menghindarinya? Para DOKTER, media, mereka semua memeriksa padanya. Dia  terkenal.
IBU Aku benci kamera. Dan cara dia hanya ... mengundurkan diri. Mengapa dia melakukan itu? Dan ketika dia tidak terjebak di dalam dirinya sendiri, dia membuat masalah untuk orang lain.
AYAH Apakah sekolah menghubungi lagi?
IBU Tidak, terima kasih Tuhan. Hanya salah satu tetangga. Itu tidak mengerikan. Dia hanya berjalan ke jalan dan hampir tertabrak mobil. Ketika mobil berhenti, ia mulai meneriaki sopir, memukul kap mesin. Seolah-olah dia minta maaf mobil itu menabraknya.
AYAH Mungkin dia.
IBU Jangan mengatakan hal-hal seperti itu. Apakah Anda pernah bertanya-tanya ... (Melihat disekeliling putrinya. Lalu Berbisik:) Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang akan seperti ... jika mereka menyelamatkan adiknya, bukan?
AYAH Jangan mengatakan hal-hal seperti itu.
IBU Apakah Anda?
AYAH Ya. Kadang-kadang. Tapi, bukan berarti aku tidak mencintainya.
IBU Tentu saja, tidak. Itu bukan apa yang kukatakan. Sebenarnya, aku tidak bisa membayangkan itu menjadi jauh berbeda. Aku hanya berharap ada sesuatu yang bisa kami lakukan. Aku mencoba untuk memahaminya. Aku mencoba untuk menempatkan diri dalam sepatunya. Tapi, aku tidak pernah berbagi jantung aku dengan orang lain. Setidaknya tidak seperti itu.
(Lampu menyinari setiap orang)
DOKTER Mari kita bekerja.
  --------------------------------------------------------------------


DOKTER membantu DOKTER BEDAH dalam bergantian untuk operasi. DOKTER BEDAH muncul dengan bingung dan tidak menolak bantuan. DOKTER membantu dengan topi. Orang tua berdiri dan keluar di sisi berlawanan dari meja operasi. Lampu memudar di kursi DOKTER yang membantu. dengan sarung tangan kiri karena lampu bersinar setengah pada KEMBAR. DOKTER membantu dengan sarung tangan yang tepat sebagai salah satu kembar memungkinkan pergi dan keluar, yang lain menonton dan membentangkan lengan untuk memanggil saudaranya kembali. Ia berdiri di sana dibekukan dalam bayangan DOKTER menempatkan masker bedah pada DOKTER BEDAH. GADIS REMAJA membuka matanya.. DOKTER yang menempatkan pisau bedah di tangan DOKTER bedah. DOKTER BEDAH ini mengangkat pisau bedah. GADIS REMAJA terlihat ke arah dua DOKTER.. DOKTER mengembalikan tatapannya dan menempatkan jari ke bibirnya seolah-olah menyuruhnya bungkam. Dia berbalik dari gadis remaja untuk DOKTER BEDAH tersebut.. Dia membungkus tangannya dengan lembut di sekitar tangan DOKTER bedah yang memegang pisau bedah. Ia mulai menurunkan tangan dengan pisau bedah saat lampu memudar.


0 comments:

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

.comment-content a {display: none;}