Home » » Tips Mempersiapkan SBMPTN

Tips Mempersiapkan SBMPTN

Posted by DEC Development Education and Culture on Sunday, 19 May 2013

DEC_Hi guys, selamat pagi teman-teman, beberapa minggu lagi pengumuman Ujian Nasional (UN) akan di umumkan. Semoga adik-adik bisa lulus yah, Amien. Nah sementara adik-adik menantikan pengumuman hasil UN, ada baiknya adik-adik mempersiapkan untuk memasuki jenjang perkuliahan maupun jenjang akademisi bagi adik-adik yang akan melanjutkan pendidikannya. Kali ini akan di bahas sedikit tips guna bisa melewati salah satu jalan (SBMPTN) untuk memasuki dunia perkuliahan sebagai mahasiswa, berikut liputannya.

SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini merupakan jalur resmi terbesar yang menghubungkan keseluruhan universitas negeri yang ada di Indonesia. Jadi seorang calon mahasiswa dapat mendaftar ke universitas yang dia inginkan di manapun itu tanpa harus meninggalkan daerahnya terlebih dahulu.



Jalur SBMPTN yang sebelumnya SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) ini merupakan jalur kedua resmi setelah jalur undangan (sekarang dikenal dengan sebutan SNMPTN). Jalur resmi ini pun memiliki beberapa tata cara yang tidak jauh berbeda dari persyaratan SNMPTN tahun lalu. Namun ada beberapa hal yang mesti teman-teman perhatikan sebelum pendaftaran SBMPTN.

Pertama tentukan dahulu jurusan apa yang akan teman-teman pilih (materi pilihan jurusan khusus daerah PTN di Makassar). Selanjutnya susunlah pilihan teman-teman berdasarkan tingkat kepopuleran jurusan yang dipilih beserta universitas yang menaunginya. Perlu di catat bahwa tingkat kepopuleran yang dimaksud adalah jumlah peminat maupun pelamarnya. Jadi usahakan pilih lah jurusan dengan tingkat popularitas tertinggi pada pilihan pertama adik-adik lalu ke tingkat popularitas yang lebih rendah pada pilihan kedua.

Setelah melakukan pendaftaran dan telah memiliki lokasi tes SBMPTN-nya, maka coba adik-adik isi waktu luangnya dengan belajar. Perlu diketahui bahwa SBMPTN merupakan ujian seleksi yang memiliki jumlah kursi yang terbatas sesuai jurusan, maupun fakultas pada tiap universitas tersebut. jadi SBMPTN tidak memiliki nilai minimal yang mesti dilewati untuk bisa lulus, namun harus bersaing mendapatkan nilai pada urutan dimana jumlah mahasiswa yang akan diterima di fakultas itu disebutkan.

Strategi memenangkan kursi SBMPTN pada PTN (Peguruan Tinggi Negeri) yang kita pilih nantinya ialah:
1. Belajar dengan baik; cobalah untuk latihan soal pada soal-soal tahun sebelumnya, dengan mendownload maupun meng-surfing di internet materi apa saja yang akan di angkat dalam SBMPTN nantinya.
2. Bagi kemampuan individual dengan persentase jurusan yang kita pilih; demi memudahkan melolosin SBMPTN. Ingat, untuk lolos dari SBMPTN tidak mesti dengan menjawab keseluruhan soal SBMPTN dengan benar, namun dengan berada pada urutan jumlah mahasiswa yang akan mereka terima.
3. Maksimalkan kemampuan yang kita miliki dan usahakan untuk mampu mengetahui minimal setengah dari materi yang akan diangkat atau dengan melakukan persentase di tiap jenis soal yang akan di ujikan lalu ditotal dan disesuaikan dengan persentase pada universitas yang akan kita tuju; Trik ini cukup ampuh untuk memaksimalkan kemampuan kita pada beberapa materi serta mengurangi beban otak sehingga tetap rileks dan terhindar dari stress yang sangat mengganggu kala mengikuti tes SBMPTN.
4. Tandai pula jurusan yang memiliki persyaratan, baik tidak buta mata atau pun persyaratan lainnya, yang nantinya akan dihadapi; Beberapa jurusan mensyaratkan beberapa hal dan kadang ada yang meminta tes kemampuan. Jadi bila adik-adik telah lolos SBMPTN namun tak mampu melolosi tes ini maka adik-adik akan tetap dinyatakan gagal dan bisa mengikuti tes SBMPTN tahun depan.

Di atas telah dipaparkan beberapa tips yang baiknya dilakukan dalam persiapan maupun lainnya sebelum melalui tes SBMPTN yang diadakan sekali setahun ini. Jangan lupa pula untuk tetap belajar dan berusaha serta tetap berdoa dan kiranya meminta restu orang tua/wali sebelum melakukan tes ini. Bukan tidak mungkin bahwa Anda tidak lolos bukan karena adik-adik tak mampu atau tak menerapkan tips-tips di atas, namun karena urutan adik-adik berada pada urutan bawah dari urutan terakhir yang diterima, maka reski tuhan pun menjadi faktor penentunya. Sekian info pagi ini, silahkan komentari maupun memberi saran maupun pertanyaan pada artikel ini pada kolom komentar di bawah ini. makashi...


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}