Home » » Manre Ase Baru (Adat Bugis)

Manre Ase Baru (Adat Bugis)

Posted by DEC Development Education and Culture on Sunday, 29 April 2012


                DEC_Hi guys, Manre ase baru merupakan acara kelanjutan dari mappadendang yang merupakan salah satu rangkaian pesta adat orang bugis (to ugi’E). Yang dimaksud sebagai manre ase baru atau lebih dikenal memakan beras baru yakni acara adat orang bugis yang memulai memakan beras baru untuk periodenya setelah beras yang sebelumnya telah habis.
                Kegiatan ini sangat identik dengan acara keagamaan. Adapun rangkaian acaranya yakni, mempersiapkan segala yang dibutuhkan, berupa beras baru serta lauk pauknya. Biasanya tiap rumah orang bugis, selain sebagai petani, mereka juga menjadi peternak baik itu ayam, bebek, angsa, kambing, kuda, sapi dan kerbau. Biasanya sebagai lauknya iyalah ayam-ayam mereka sebagai pelengkap acara.


                Adapun jenis-jenis hidangan yang mereka buat biasanya adalah, nanre baru (beras baru), nasu likku manu (jenis masakan ayam), nasu nyarang (jenis masakan kuda), sanggara bale (ikan goreng) ataupun nasu santang bale ( jenis masakan ikan). Kadang mereka juga menyiapkan hidangan pembuka yakni uttie (pisang), soso panasa (potongan nangka) ataupun masakan olahan berupa bandang-bandang, beppa lotong, beppa pitu, barongko, maupun beppa rica dan lainnya.

                Tak jarang sebelum acara manre ase baru ini, diadakan acara doa-doaan yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang tahu bagaimana baiknya, sebagai pelepas acara sebelumnya juga doa mengharap berkah atas hasil keringat mereka. Kadang juga untuk mappalettu alusu dalam keluarga tersebut.

                Namun acara semacam ini diadakan sesuai dengan kemampuan sipemilik. Dan kadang hanya dilakukan sederhana dan hanya memanggil orang-orang tertentu saja juga kerabat dekat keluarga tersebut. Dan kadang juga diadakan besar-besaran bagai pesta kampung bila kala itu ada beberapa orang yang bersamaan menuai hasil tanah mereka. Mereka mengadakannya dibalai desa setempat.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}