Home » » Macampo-campo Permainan Anak-anak Masyarakat Bugis

Macampo-campo Permainan Anak-anak Masyarakat Bugis

Posted by DEC Development Education and Culture on Thursday, 1 November 2012

DEC_Hi guys, kembali lagi saya berbagi info buat temen-temen yang ngesurfing internet dimana aja and kapan aja asal ada waktu luang. berbagi begitu menyenangkan sehingga terciptalah tulisan yang baik dan insya Allah beramal bagi teman-teman yang ingin mendapatkan informasi mengenai masyarakat suku bugis pada khususnya.

 
Maccampo-campo atau petak umpet ada salah satu permainan anak-anak masyarakat suku bugis dimana terdapat satu orang pemain yang menjaga dengan menutup mata dan lainnya bersembunyi didalam batas garis yang telah ditentukan sebelumnya. permainan ini menguji kemampuan seseorang untuk bisa menebak dan membaca gerakan lawan serta memfokuskan pandangan pada hal-hal kecil disekitar guna mengetahui keberadaan teman mereka yang tengah bersembunyi.



Permainan masyarakat ini biasanya dimainkan kala diadakan hajatan besar dimana anak-anak dari beberapa kampung saling berkumpul dan saling menawarkan diri ikut dalam permainan. tidak hanya itu saja, yang menjadi keunikan dalam permainan ini iyalah permainan ini justru lebih menarik dimainkan kala pada malam hari, atau pada saat bulan pernama pada khususnya.

Permainan ini kadang tidak hanya dimainkan oleh anak-anak saja, namun terkadang dimainkan pula oleh orang dewasa bila mana permainan semakin seru. permainan yang mengandalkan konsentrasi dan insting ini sangat baik dilakukan sebagai ajang latihan berburu pada masyarakat sebelum modern. dengan ada permainan ini pula, para peserta permainan yang bersembunyi juga diajarkan cara berkamuflase dialam sekitar dan mencari tempat yang cocok untuk bisa bersembunyi dan mengamati orang yang berjaga untuk kemudian ditepuk posnya agar sipenjaga kalah.


2 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}