Home » » Pendekatan Belajar Mutakhir

Pendekatan Belajar Mutakhir

Posted by DEC Development Education and Culture on Monday, 22 April 2013



A.      MACAM-MACAM METODE PEMBELAJARAN
Pada dasarnya guru adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan segala kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting adalah performance guru di kelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.
Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak kita. Karena ia merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan tidak membosankan.

Oleh karenanya sebagai guru kita harus dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran agar lebih mudah di terima dan suai saji. Tak perlu serumit dulu, saat ini banyak sekali metode pembelajaran modern atau mutakhir yang dapat dengan mudah kita contoh dan terapkan dalam proses KBM (kegiatan belajar mengajar).
Tiap-tiap kelas bisa kemungkinan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas lain. Untuk itu seorang guru harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran.
Berikut beberapa metode pembelajaran mutakhir yang dapat kita contoh yaitu:
1.      Metode debat
2.      Metode role playing
3.      Metode problem solving
Berikut beberapa metode pembelajaran menururt Ns. Roymond H. Simamora, M.Kep yang dapat kita digunakan, yaitu:
1.      Metode ceramah
2.      Metode diskusi
3.      Metode demonstrasi
4.      Metode ceramah plus
5.      Metode resitasi
6.      Metode eksperimental
7.      Metode study tour (karya wisata)
8.      Metode latihan keterampilan
9.      Metode pengajaran beregu
10.  Peer teaching method (mengajar sesama teman)
11.  Metode pemecahan masalah (problem solving)
12.  Project Method
13.  Taileren Method
14.  Metode Global (ganze method)



0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}