Home » » Hal Kecil yang Membatalkan SBMPTN

Hal Kecil yang Membatalkan SBMPTN

Posted by DEC Development Education and Culture on Sunday, 19 May 2013

DEC_Hi guys, pendaftaran SBMPTN telah dibuka. Tentunya tak lama lagi pengumuman SNMPTN dan Pengumuman UN pun akan diumumkan. Jika memang Adik-adik memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan ini merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu. Namun ada beberapa hal yang mesti Adik-adik perhatikan agar nantinya adik-adik bisa mendapatkan gelar mahassiswa, berikut liputannya.



Untuk bisa mengikuti SBMPTN maka terlebih dahulu adik-adik harus membayarkan biaya administrasi. silahkan klik pada covert link bercetak biru diatas guna melihat persyaratan sebelum mendaftar. Hal penting pertama yang mesti di perhatikan agar secepatnya mendaftar setelah melakukan transaksi. Pemberian daftar nomor urut perkelas atau nomor peserta dilihat dari urutan pendaftarannya di blog resmi SBMPTN. Jadi bila ada adik-adik yang ingin memiliki kelas yang sama dengan temannya, agar kiranya ketika mendaftar dilakukan secara bersamaan, bukan bergantian. Karena peletakan kelas mengikuti nomor peserta ditiap kelas.

Hal kecil berikutnya yang patut untuk diperhatikan ialah saat melakukan pengisian form SBMPTN atau formulirnya agar kiranya disesuaikan dengan ijazah. Sebab setelah lulus dari tes SBMPTN, akan ada pendaftaran ulang dan pelengkapan administasi dan dokumen yang nantinya dari pihak kampus akan disesuaikan dengan data dari SBMPTN. Perlu diperhatikan bahwa SBMPTN memiliki sedikit aturan khusus dikarenakan ini merupakan pintu utama memasuki PTN di seluruh indonesia dengan kuota sebesar 50% untuk jumlah penerimaan Maba (Mahasiswa Baru) di setiap PTN.

Dalam pengurutan jurusan pilihan pun mesti dicermati. Algoritma yang digunakan dalam penerimaan calon mahasiswa dalam tes SBMPTN relatif sederhana. Yakni diminta untuk mengurutkan sesuai dengan jumlah pelamar pasa suatu jurusan. Jadi semakin banyak peminatnya maka aka semakin sukar untuk bisa memasukinya. sehingga algoritma yang baik ialah kita mengurutkannya sesuai dengan tingkat popularitas atau jumlah peminat dari yang paling banyak hingga yang paling kurang.

Melakukan pertimbangan dalam pemilihan jurusan sangatlah penting karena tidak sedikit adik-adik peserta sebelumnya yang gagal dikarenakan melakukan pemilihan secara random atau acak (Klik disini: bagaimana memilih jurusan di SBMPTN). Ada pula yang meletakkan pilihannya tanpa melakukan pengaman atau mengetahui tingkat kemampuannya. Trik unik yang masih cukup populer ialah melakukan pemilihan layaknya pedagang dipasar. Maksudnya tentukan dulu jurusan yang menjadi salah satu incaran kita yang mempunyai peminat yang tidak begitu banyak, lalu pilihlah jurusan yang begitu Anda inginkan. Dengan begitu, bila adik-adik tak mampu lolos, adik-adik masih memiliki pengaman yakni pilihan kedua yang relatif lebih ringan. (Tips mempersiapkan SBMPTN)

Lain lagi bila adik-adik memilih jenis pilihan campuran, yakni memiliki 3 kesempatan untuk melakukan pilihan. Baiknya memilih tingkat yang paling sukar, lalu sedang dan pilihan pengaman. Namun tentu saja adik-adik juga harus bisa belajar dengan baik dan memahami trik memeroleh skor tes. Berikutnya insya Allah akan di posting mengenai cara menghitung Skor kita sebelum melakukan tes yang sebenarnya pada SBMPTN serta algoritma yang digunakan dalam penghitungan jumlah skor. Terima Kasih dan semoga artikel ini berguna.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}