Home » » Air Sebagai Kebutuhan Penting Bagi Kesehatan

Air Sebagai Kebutuhan Penting Bagi Kesehatan

Posted by DEC Development Education and Culture on Sunday, 4 November 2012

DEC_Hi guys, masih dalam seputar ilmu kesehatan teman-teman, nah pagi ini kita akan membahas mengenai pentingnya air bagi kehidupan kita, khususnya bagi kesehatan tubuh kita sehari-hari. dengan air nih teman-teman tubuh bisa tetap sehat bugar dan mampu melakukan aktifitas-aktifitas kita dengan baik disetiap waktu kita di setiap harinya. pentingnya air bukan cuman sekedar untuk kesehatan saja loh teman-teman, namun air adalah sumber kehidupan bagi kita penduduk bumi. bisa disaksikan sendiri kan, mau mandi pake air, mau masak pake air, mau nyuci pake air, intinya teman-teman nga ada air sensaralah kita. banyangin aja bila sehari air macet di PDAM (kalau kita tinggal dikota) insya Allah kita sekeluarga bakalan uring-uringan seharian hanya karena itu, contoh kecilnya.


Manfaat air bagi kesehatan itu sudah tidak perlu diragukan lagi. hampir komponen pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari air dan mineral. selain sebagai komponen penyusun tubuh, air juga sebagai penjaga stabilitas kesehatan tubuh karena memiliki peranan penting dalam tubuh kita. nah berikut akan di paparkan beberapa hal yang menyebabkan pentingnya air bagi tubuh kita.

1. Otak
Ingatlah bahwa komposisi otak itu 70% adalah berwujud cair. bukan cuman itu teman-teman, otak yang juga sebagai pusat pengontrol tubuh kita membutuhkan air yang sama besarnya dengan wujud dari otak sendiri. selain menanambah daya ingat, dengan mengkomsumsi air dengan kadar yang dibutuhkan tubuh maka otak kita bisa berfungsi dengan optimal. maka disarankan disaat kita akan memulai belajar agar meneguk beberapa air dan menyediakan segelas air putih disamping Anda kala kita tengah belajar ataupun mengasa kemampuan otak lainnya.

Kekuranagan komsumsi air juga bisa menyebabkan beberapa orang kurang mampu berkonsentrasi dengan baik sebagaimana dengan orang yang mengkomsumsi air dengan teratur kala dia merasa haus atau pun kala dai memulai belajar atau pun tengah belajar. sebelum tidur juga baik untuk mengkomsumsi air.

2. Mulut
Kebersihan akan rongga mulut itu sangatlah penting. bahkan ada beberapa riset yang menyatakan bahwa fator kebersihan gigi sangatlah berpengaruh langsung dengan kesehatan tubuh seseorang. mengkomsumsi air dengn baik juga dapat mengurangi resiko yang berlebihan pada bagian ini

3. Jantung
Tidak perlu diragukan lagi, kekurangan komsusi air sangatlah berpengaruh pada jantung kita. bayangkan saja kala kita tengah menggunakan air didalam tubuh kita seharian tampa ada suplai air dari luar, tentu saja pasokan darah yang mengalir kejantung akan berpengaruh dan berkurang. semakin sedikit darah yang kembali dalam keadaan tidak stabil maka jantung tentu akan berusaha lebih untuk memompa jantung keseluruh tubuh guna memberi kehidupan yang lebih kepada si pemilik jantung tadi.

4. Sirkulasi darah
Seperti yang dibahas sebelumnya, dengan kekuarang komsumsi air, pengaruh pada darah mengakibatkan menjadi tidak stabil. darah sendiri adalah salah satu benda cair dalam tubuh yang diproduksi oleh sum-sum tulang belakang tubuh kita yang berfungsi guna sebagai transfer oksigen dalam tubuh dan menjaga suhu dalam tubuh. darah sendiri membutuhkan air dan mineral guna melancarkan aktivitasnya setiap detik agar tubuh tetap optimal.

5. Otot
Otot adalah bagian penggerak tubuh secara fisik yang membalut otot membentuk fisik mahluk hidup. otot adalah bagian pekerja dalam tubuh yang membutuhkan oksigen dan nutrisi tubuh yang banyak serta membutuhkan air sebagai pendingin dan peningkat kekuatan dan massa otot. tidak dipungkiri bahwa bagian ini layaknya mesin besar yang membutuhkan beberapa pelumas dan pendingin agar tidak cepat rusak. fungsi air tidak hanya sampai disitu, dehidrasi oleh tubuh akibat beberapa usaha yang dilakukan oleh tubuh kita membutuhkan air sebagai penggantinya dan air tidaklah diperoleh dari dari dalam tubuh layaknya darah namun diperoleh dari luar tubuh.

6. Kulit
Dehidrasi mengakibatkan tubuh kehilangan air untuk dapat menyeimbangkan tubuh dengan keadaan sekitar maupun sebagai pendingi tubuh yang tengah beraktifitas berat seharian. kekurangan  air sendiri dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan menggangu penampilan. sayangnya kulit kering sendiri tidak memberi dampak negatif sampai disitu saja, namun kulit kering menjadi pintu gerbang bagi sejumlah penyakit yang cukup menggangu daya tahan tubuh dan stamina tubuh. selain itu air juga tak mampu melindungi seseorang dari penuaan atau keriput pada kulit, namun untungnya dengan komsumsi air yang stabil mampu memperlambat beberapa hal tadi ketimbang dengan mereka yang tidak mengkomsumsi air secara teratur.

7. Ginjal
Salah satu peran penting air ialah untuk detoksifikasi. detoksifikasi merupakan proses pembuangan kotoran ran racun oelh tubuh dari dalam tubuh. tentu dengan ini maka fungsi dan kerja ginjal akan lebih muda dan tak memberatkan ginjal kita sendiri. apalagi kondisi ginjal tiap orang sekarang ini terbilang cukup keras dihitung dengan maraknya bahan-bahawa kimia dan pengawet yang dikomsumsi oleh banyak orang yang memicu kerja ginjal dengan keras. air juga sebagai salah satu penetral racun paling ampuh yang digunakan kala seseorang mengkomsusi racun atau keracunan dalam beberapa kejadian.

Baca juga nih:
Nutrisi Bagi Tubuh itu Penting Loh!!!;
Atasi Dehidrasi tidak Harus dengan Air;
Menjaga Jantung dan Paru-paru tetap Sehat


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}