Home » » Apa Sih Belajar, Mengajar dan Pembelajaran itu?

Apa Sih Belajar, Mengajar dan Pembelajaran itu?

Posted by DEC Development Education and Culture on Sunday, 24 March 2013


A.  PENGERTIAN BELAJAR, MENGAJAR, DAN PEMBELAJARAN
1.      Belajar 
v    Belajar menurut DR. H Syaiful Sagala, M.Pd.
Dikutip dari Prof. Dr. Sahabuddin dalam bukunya yang berjudul mengajar dan belajar, 2007. Belajar merupakan komponen dari ilmu pendidikan yang berkenaan dengan tujuan dan bahan acuan interaksi. Di dalamnya dikembangkan teori-teori yang meliputi teori tentang tujuan pendidikan, organisasi kurikulum, isi kurikulum, dan modul-modul pengembangan kurikulum.
v   Belajar menurut Gagne
Dikutip dari Bakri Wahid, S.Pd. dalam bukunya yang berjudul Belajar dan Pembelajaran, 2010.
a.       Belajar adalah suatu perilaku, pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar  maka responnya menurun.
b.      Belajar merupakan kegiatan yang kompleks, hasil belajar berupa kapabilitas setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai.
v   Belajar menurut Rogers
Dikutip dari Sutrima Imam Barnadib dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta, 1986.  Mengemukakan bahwa belajar memiliki beberapa definisi diantaranya :
a)        Manusia menjadi berarti memiliki kekuatan wajar untuk belajar, peserta didik tidak harus belajar tentang hal-hal yang tidak ada artinya.
b)        Belajar yang bermakna dalam masyarakat yang modern berarti belajar tentang proses-proses belajar, keterbukaan belajar mengalami sesuatu, bekerja sama dengan melakukan pengubahan diri terus-menerus.
c)        Dengan belajar peserta didik dapat mengevaluasi dirinya sendiri, dapat memberi peluang untuk belajar kreatif, self evaluation dan kritik diri.
d)       Belajar menuntur keterlibatan peserta didik secara penuh dan bersungguh-sungguh.  
2.      Mengajar
v   Mengajar menurut Hartwig Schroder (1976)
Dikutip dari Prof. Dr. H. Sahabuddin dalam bukunya yang berjudul Mengajar dan Belajar, 2007. Mengajar adalah prosedur mewariskan pengalaman dengan tujuan menyebabkan belajar berlangsung.
v   Mengajar menurut Sudjana (1991:29)
Dikutip dari Syaiful Bahri dalam bukunya yang berjudul Pengembangan ilmu Pendidikan, 1974.  menyatakan bahwa mengajar pada hakekatnya adalah suatu proses, yaitu proses mengatur, mengorganisasi lingkungan yang ada disekitar anak didik, sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong anak didik melakukan proses belajar. Pada tahap berikutnya mengajar adalah proses memberikan bimbingan/bantuan kepada anak didik dalam melakukan proses belajar.
3.      Pembelajaran
v   Pembelajaran menurut DR. H Syaiful Sagala, M.Pd.
Dikutip dari Prof. Dr. Sahabuddin dalam bukunya yang berjudul mengajar dan belajar, 2007. Pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik atau murid.
v   Pengertian Pembelajaran secara umum
Pembelajaran adalah proses yang diselenggarakan pendidik yang menimbulkan interaksi belajar mengajar dengan peserta didik untuk memperoleh dan memproses pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

B.  PERSAMAAN BELAJAR, MENGAJAR, DAN PEMBELAJARAN
Berikut beberapa persamaan mengenai belajar, mengajar, dan pembelajaran yaitu :
1.      Sama-sama proses utama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia
2.      Sama-sama berperan penting dalam mengkaji ilmu
3.      Tujuannya sama-sama untuk perubahan atas sikap dan perilaku yang bertujuan untuk memperoleh suatu perubahan yang dilakukan secara sadar dan untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari yang sebelumnya dan menetap dalam tingkah laku sebagai akibat atau hasil dari pengalaman yang lalu dan latihan berinteraksi dengan lingkungannya
4.      Menggunakan guru sebagai fasilitator dengan kata lain ialah sebagai pelaku (mengajar) dalam pentransferan pengetahuan sekaligus sebagai pembimbing yang berupaya dengan optimal mempersiapkan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak didik demi mencapai tujuan pembelajaran dengan memberikan kemudahan belajar kepada peserta didk.

C.  PERBEDAAN BELAJAR, MENGAJAR, DAN PEMBELAJARAN
1.      Pembelajaran adalah bagian dari mengajar dan untuk mendidik dengan karakter yang khas atau memandu atau membimbing peserta didk dalam satu kompetensi tertentu yang ditentukan dalam KTSP, yang menjadi pusat dalam pembelajaran adalah pendidik, sedangkan peserta didik adalah bawahan atau dianggap tidak mengetahui apa-apa dari proses pembelajaran yang ditentukan oleh pendidik.
Hasil pengajaran peserta didik mampu mendapatkan suatu potensi dari RPP yang digariskan menurut kurikulum, peserta didik mau belajar, terampil dan membangkitkan kemauan belajar, dari segi pendidik, proses tersebut dapat diamati secara tidak langsung, artinya proses belajar yang merupakan proses internal peserta didik tidak dapat diamati, tetapi dapat dipahami oleh pendidik. Perilaku tersebut tampak pada tindak-tindak belajar tentang beberapa mata pelajaran yang merupakan respon peserta didik terhadap tindak mengajar atau tundak pembelajaran dari pendidik. Perilaku belajar tersebut ada hubungannya dengan desain instruksional pendidik. Dalam desain instruksional, pendidik membuat tujuan instruksional khusus atau sasaran belajar.


0 comments:

Post a Comment

RECENT POST

Popular Posts

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}