A. CIRI
PERUBAHAN PERILAKU SEBAGAI HASIL BELAJAR
Setiap perilaku belajar selalu di tandai
oleh ciri-ciri perubahan yang sfesifik. Karakteristik perilaku belajar ini
dalam beberapabpustaka rujukan, antara lain menurut Surya (1982), disebut juga sebagai prinsip-prinsip belajar. Di
antara ciri-ciri perubahan khas yang menjadi karakteristik perilaku belajar
yang terpenting adalah :
2. Perubahan
itu positif dan aktif, dan
3. Perubahan
itu efektif dan fungsional
Berikut unu ada dua aspek yang akan
dibahas mengenai ciri perubahan perilaku sebagai hasil belajar yaitu :
1. Karakteristik
perubahan hasil belajar, dan
2. Karakteristik
perubahan hasil belajar menurut para ahli
a.
Karakteristik
perubahan hasil belajar
Perubahan
yang disadari dan disengaja (intensional)
Perubahan
perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang
bersangkutan. Begitu juga dengan hasil-hasilnya, individu yang bersangkutan
menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan, misalnya pengetahuannya
semakin bertambah atau keterampilannya semakin meningkat, dibandingkan sebelum
dia mengikuti suatu proses belajar. Misalnya, seorang mahasiswa sedang belajar
tentang psikologi pendidikan. Begitu juga, setelah belajar psikologi pendidikan
dia menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan perilaku, dengan
memperoleh sejumlah pengetahuan, sikap dan keterampilan yang berhubungan dengan
psikologi pendidikan.
Perubahan
yang berkesinambungan (kontinyu)
Bertambahnya
pengetahuan atau keterampilan yang dimiliki pada dasarnya merupakan kelanjutan
dari pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya. Begitu juga
pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang telah diperoleh itu, akan menjadi
dasar bagi pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan berikutnya.
Misalnya, seorang mahasiswa telah belajar psikologi pendidikan tentang “Hakekat
Belajar”. Ketika dia mengikuti perkuliahan
“Strategi Belajar Mengajar”, maka pengetahuan, sikap, dan keterampilannya
tentang “Hakekat Belajar” akan dilanjutkan dan dapat dimanfaatkandalam
mengikuti perkuliahan “Strategi Belajar Mengajar”.
Perubahan
yang fungsional
Setiap
perubahan perilaku yang terjadi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup
individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa sekarang maupun masa
mendatang. Contoh, seorang mahasiswa belajar tentang psikologi pendidikan ,
maka pengetahuan dan keterampilannya dalam psikologi pendidikan dapat
dimanfaatkan untuk mempelajari dan mengembangkan perilaku dirinya sendiri
maupun mempelajari dan mengembangkan perilaku para peserta didiknya kelak
ketika dia menjadi guru.
Perubahan
yang bersifat positif
perubahan
perilaku yang terjadi bersifat normatif dan menunjukkan kearah kemajuan.
Misalnya, seorang mahasiswa sebelum belajar tentang psikologi pendidikan
menganggap bahwa dalam proses Belajar mengajar tidak perlu mempertimbangkan
perbedaan-perbedaan individual atau perkembangan perilaku dan pribadi peserta
didiknya, namun setelah mengikuti pembelajaran psikologi pendidikan, dia
memahami dan berkeinginan untuk menerapkan prinsip-prinsip perbedaan individual
maupun prinsip-prinsip perkembangan individu jika dia kelak menjadi guru.
Perubahan
yang bersifat aktif
Untuk
memperoleh perilaku baru, individu yang bersangkutan aktif berupaya melakukan
perubahan. Misalnya, mahasiswa ingin memperoleh pengetahuan baru tentang
psikologi pendidikan, maka mahasiswa tersebut
aktif melakukan kegiatan membaca dan mengkaji buku-buku psikologi
pendidikan, berdiskusi dengan teman tentang psikologi pendidikan dan sebaginya.
Perubahan
yang bersifat permanen
Perubahan
perilaku yang diperoleh dari proses belajar cenderung menetap dan menjadi
bagian yang melekat dalam dirinya. Misalnya, mahasiswa belajar mengoperasikan
komputer, maka penguasaan keterampilan mengoperasikan komputer tersebut akan
menetap dan melekat dalam diri mahasiswa tersebut.
Perubahan
yang bertujuan dan terarah
Individu
melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan
jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Misalnya, seorang
mahasiswa belajar psikologi pendidikan, tujuan yang ingin dicapai dalam panjang
pendek mungkin dia ingin memperoleh pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang
psikologi pendidikan yang diwujudkan dalam bentuk kelulusan dengan memperoleh
nila A. Sedangkan tujuan jangka panjangnya dia ingin menjadi guru yang efektif
dengan memiliki kompetensi yang memadai tentang psikologi pendidikan. Berbagai
aktivitas dilakukan dan diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Perubahan perilaku secara keseluruhan
Perubahan
perilaku belajar bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata, tetapi
termasuk memperoleh pula perubahan dalam sikap dan keterampilannya. Misalnya,
mahasiswa belajar tentang “Teori-Teori Belajar”, disamping memperoleh informasi
atau pengetahuan tentang Teori-Teori Belajar”, dia juga meperoleh sikap tentang
pentingnya seorang guru menguasai “Teori-Teori Belajar”. Begitu juga, dia
memperoleh keterampilan dalam menerapkan ‘Teori-Teori Belajar”.
b.
Karakteristik
perubahan hasil belajar menurut para ahli
1.
Menurut Gagne (Abin
Syamsuddin Makmun, 2003)
Perubahan peilaku yang
merupakan hasil belajar dapat berbentuk :
v Informasi verbal
Yaitu
penguasaan informasi dengan bentuk verbal, baik secara tertulis maupun lisan, misalnya
pemberian nama-nama terhadap suatu benda, definisi, dan sebagainya.
v Kecakapan Intelektual
Yaitu
keterampilan individu dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya dengan
menggunakan simbol-simbol, misalnya : penggunaan simbol matematika. Termasuk
dalam keterampilan intelektual adalah kecakapan dalam membedakan
(descrimination)), memahami konsep konkrit, konsep abstrak, aturan dan hukum. Keterampilan
ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi pemecahan masalah.
v Strategi Kognitif
Kecakapan
individu untuk melakukan pengendalian dan pengelolaan keseluruhan aktivitasnya.
Dalam konteks proses pembelajaran, strategi kognitif yaitu kemampuan
mengendalikan ingatan dan cara-cara berfikir agar terjadi aktivitas yang
efektif. Kecakapan intelektual menitikberatkan pada hasil pembelajaran,
sedangkan strategi kognitif lebih menekankan pada proses pemikiran.
v Sikap
Yaitu
hasil pembelajaran yang berupa kecakapan individu untuk memilih macam tindakan
yang akan dilakukan. Dengan kata lain, sikap adalah keadaan dalam diri individu
yang akan memberikan kecenderungan bertindak dalam menghadapi suatu obyek atau
peristiwa diamana didalamnya terdapat unsur pemikiran, perasaan yang menyertai
pemikiran dan kesiapan untuk bertindak.
v Kecakapan motorik
Yaitu
hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang dikontrol oleh otot dan
fisik.
2.
Menurut Moh. Surya
(1997)
Ciri perubahan perilaku
yang merupakan hasil belajar yaitu :
·
Kebiasaan
Seperti
peserta didik belajar bahasa berkali-kali menghindari kecenderungan penggunaan
kata atau struktur yang keliru, sehingga akhirnya ia terbiasa dengan penggunaan
bahasa secara baik dan benar.
·
Keterampilan
Seperti
menulis dan berolah raga yang meskipun sifatnya motorik,
keterampilan-keterampilan itu memerlukan koordinasi gerak yang teliti dan
kesadaran yang tinggi.
·
Pengamatan
Yakni
proses menerima, menafsirkan, dan memberi arti rangsangan yang masuk melalui
indera-indera secara obyektif sehingga peserta didik mampu mencapai pengertian
yang benar.
·
Berfikir asosiatif
Yakni
berfikir dengan cara mengasosiasikan sesuatu dengan lainnya dengan menggunakan
daya ingat.
·
Berfikir rasional dan kritis
Yakni
menggunakan prinsip-prinsip dan dasar-dasar pengertian dalam menjawabpertanyaan
krisis seperti “bagaimana” (how) dan “mengapa” (why).
·
Sikap
Yakni
kecenderungan yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk
terhadap orang atau barang tertentu sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan.
·
Inhibisi (menghindari hal yang mubazir)
·
Apresiasi (menghargai karya-karya bermutu)
·
Perilaku afektif
Yakni
perilaku yang bersangkutan dengan perasaan takut, marah, sedih, gembira,
kecewa, senang, benci, was-was dan sebagainya.
Sumber
:
1. Dikutip dari Benjamin
Bloom CS. Tahun 1956. Taxonomy of
education objective
B. CIRI-CIRI
PERUBAHAN PERILAKU SEBAGAI HASIL BELAJAR
ü Perubahan
tingkah laku interaksi sosial
ü Perubahan
kebiasaan yaitu belajar yang berhasil mengub ah kebiasaan buruk menjadi lebih
baik
ü Pengembangan
dan peningkatan keterampilan yaitu dengan belajar dapat menambah dan mengubah
keterampilan
ü Peningkatan
pengetahuan yaitu belajar bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam berbagai bidang
ilmu
Sumber
:
1. Dikutip
dari Dr. Usman, s.pd, Dr. Deni Kurniawan, M.pd, Cepi Riyana, M.pd. pembelajaran berbasis teknologi informasi
dan komunikasi
C. CIRI-CIRI
PERUBAHAN PERILAKU SEBAGAI HASIL BELAJAR
Menurut Gagne
(Abin Syamsuddin Makmun, 2003) perubahan perilaku yang merupakan hasil
belajar dapat berbentuk :
ü Informasi
verbal yaitu penguasaan informasi dalam bentuk verbal baik secara tertulis
maupun lisan.
ü Kecakapan
intelektual yaitu keterampilan individu dalam melakukan interaksi dengan
menggunakan simbol-simbol. Misalnya penggunaan simbol matematika.
ü Strategi
kognitif adalah kecakapan individu untuk melakukan pengendalian dan pengelolaan
keseluruhan aktivitasnya.
ü Sikap
yaitu hasil pembelajaran yang berupa kecakapan individu untuk memilih macam
tindakan yang akan dilakukan.
ü Kecakapan
motorik adalah hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang dikontrol
oleh otot dan fisik.
Sumber :
1.
Dikutip dari Muhibbin Syah. Tahun 1999. Psikologi Belajar. Penerbit Logos.
Cetakan ke-2,
2.
Whitherington. Tahun 1991. Psikologi Pendidikan. Penerbit Rineka
Cipta. Cetakan ke-6
3.
Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. Tahun
2004. Psikologi Belajar. Penerbit
Rineka Cipta. Cetakan ke-2
0 comments:
Post a Comment