Home » » Bagaimana sih bentuk dan ciri-ciri dari perilaku pembelajaran itu???

Bagaimana sih bentuk dan ciri-ciri dari perilaku pembelajaran itu???

Posted by DEC Development Education and Culture on Sunday, 24 March 2013


A.       CIRI PERUBAHAN PERILAKU SEBAGAI HASIL BELAJAR
Setiap perilaku belajar selalu di tandai oleh ciri-ciri perubahan yang sfesifik. Karakteristik perilaku belajar ini dalam beberapabpustaka rujukan, antara lain menurut Surya (1982), disebut juga sebagai prinsip-prinsip belajar. Di antara ciri-ciri perubahan khas yang menjadi karakteristik perilaku belajar yang terpenting adalah :
1.    Perubahan itu intensional
2.    Perubahan itu positif dan aktif, dan
3.    Perubahan itu efektif dan fungsional
Berikut unu ada dua aspek yang akan dibahas mengenai ciri perubahan perilaku sebagai hasil belajar yaitu :
1.      Karakteristik perubahan hasil belajar, dan
2.      Karakteristik perubahan hasil belajar menurut para ahli
 
a.      Karakteristik perubahan hasil belajar
*        Perubahan yang disadari dan disengaja (intensional)
Perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang bersangkutan. Begitu juga dengan hasil-hasilnya, individu yang bersangkutan menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan, misalnya pengetahuannya semakin bertambah atau keterampilannya semakin meningkat, dibandingkan sebelum dia mengikuti suatu proses belajar. Misalnya, seorang mahasiswa sedang belajar tentang psikologi pendidikan. Begitu juga, setelah belajar psikologi pendidikan dia menyadari bahwa dalam dirinya telah terjadi perubahan perilaku, dengan memperoleh sejumlah pengetahuan, sikap dan keterampilan yang berhubungan dengan psikologi pendidikan.
*        Perubahan yang berkesinambungan (kontinyu)
Bertambahnya pengetahuan atau keterampilan yang dimiliki pada dasarnya merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya. Begitu juga pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang telah diperoleh itu, akan menjadi dasar bagi pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan berikutnya. Misalnya, seorang mahasiswa telah belajar psikologi pendidikan tentang “Hakekat Belajar”. Ketika dia mengikuti  perkuliahan “Strategi Belajar Mengajar”, maka pengetahuan, sikap, dan keterampilannya tentang “Hakekat Belajar” akan dilanjutkan dan dapat dimanfaatkandalam mengikuti perkuliahan “Strategi Belajar Mengajar”.
*        Perubahan yang fungsional
Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup individu yang bersangkutan, baik untuk kepentingan masa sekarang maupun masa mendatang. Contoh, seorang mahasiswa belajar tentang psikologi pendidikan , maka pengetahuan dan keterampilannya dalam psikologi pendidikan dapat dimanfaatkan untuk mempelajari dan mengembangkan perilaku dirinya sendiri maupun mempelajari dan mengembangkan perilaku para peserta didiknya kelak ketika dia menjadi guru.
*        Perubahan yang bersifat positif
perubahan perilaku yang terjadi bersifat normatif dan menunjukkan kearah kemajuan. Misalnya, seorang mahasiswa sebelum belajar tentang psikologi pendidikan menganggap bahwa dalam proses Belajar mengajar tidak perlu mempertimbangkan perbedaan-perbedaan individual atau perkembangan perilaku dan pribadi peserta didiknya, namun setelah mengikuti pembelajaran psikologi pendidikan, dia memahami dan berkeinginan untuk menerapkan prinsip-prinsip perbedaan individual maupun prinsip-prinsip perkembangan individu jika dia kelak menjadi guru.
*        Perubahan yang bersifat aktif
Untuk memperoleh perilaku baru, individu yang bersangkutan aktif berupaya melakukan perubahan. Misalnya, mahasiswa ingin memperoleh pengetahuan baru tentang psikologi pendidikan, maka mahasiswa tersebut  aktif melakukan kegiatan membaca dan mengkaji buku-buku psikologi pendidikan, berdiskusi dengan teman tentang psikologi pendidikan dan sebaginya.
*        Perubahan yang bersifat permanen
Perubahan perilaku yang diperoleh dari proses belajar cenderung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya. Misalnya, mahasiswa belajar mengoperasikan komputer, maka penguasaan keterampilan mengoperasikan komputer tersebut akan menetap dan melekat dalam diri mahasiswa tersebut.
*        Perubahan yang bertujuan dan terarah
Individu melakukan kegiatan belajar pasti ada tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Misalnya, seorang mahasiswa belajar psikologi pendidikan, tujuan yang ingin dicapai dalam panjang pendek mungkin dia ingin memperoleh pengetahuan, sikap dan keterampilan tentang psikologi pendidikan yang diwujudkan dalam bentuk kelulusan dengan memperoleh nila A. Sedangkan tujuan jangka panjangnya dia ingin menjadi guru yang efektif dengan memiliki kompetensi yang memadai tentang psikologi pendidikan. Berbagai aktivitas dilakukan dan diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
*         Perubahan perilaku secara keseluruhan
Perubahan perilaku belajar bukan hanya sekedar memperoleh pengetahuan semata, tetapi termasuk memperoleh pula perubahan dalam sikap dan keterampilannya. Misalnya, mahasiswa belajar tentang “Teori-Teori Belajar”, disamping memperoleh informasi atau pengetahuan tentang Teori-Teori Belajar”, dia juga meperoleh sikap tentang pentingnya seorang guru menguasai “Teori-Teori Belajar”. Begitu juga, dia memperoleh keterampilan dalam menerapkan ‘Teori-Teori Belajar”.

b.      Karakteristik perubahan hasil belajar menurut para ahli
1.      Menurut Gagne (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)
Perubahan peilaku yang merupakan hasil belajar dapat berbentuk :
v  Informasi verbal
Yaitu penguasaan informasi dengan bentuk verbal, baik secara tertulis maupun lisan, misalnya pemberian nama-nama terhadap suatu benda, definisi, dan sebagainya.
v  Kecakapan Intelektual
Yaitu keterampilan individu dalam melakukan interaksi dengan lingkungannya dengan menggunakan simbol-simbol, misalnya : penggunaan simbol matematika. Termasuk dalam keterampilan intelektual adalah kecakapan dalam membedakan (descrimination)), memahami konsep konkrit, konsep abstrak, aturan dan hukum. Keterampilan ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi pemecahan masalah.
v  Strategi Kognitif
Kecakapan individu untuk melakukan pengendalian dan pengelolaan keseluruhan aktivitasnya. Dalam konteks proses pembelajaran, strategi kognitif yaitu kemampuan mengendalikan ingatan dan cara-cara berfikir agar terjadi aktivitas yang efektif. Kecakapan intelektual menitikberatkan pada hasil pembelajaran, sedangkan strategi kognitif lebih menekankan pada proses pemikiran.
v  Sikap
Yaitu hasil pembelajaran yang berupa kecakapan individu untuk memilih macam tindakan yang akan dilakukan. Dengan kata lain, sikap adalah keadaan dalam diri individu yang akan memberikan kecenderungan bertindak dalam menghadapi suatu obyek atau peristiwa diamana didalamnya terdapat unsur pemikiran, perasaan yang menyertai pemikiran dan kesiapan untuk bertindak.
v  Kecakapan motorik
Yaitu hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang dikontrol oleh otot dan fisik.
2.      Menurut Moh. Surya (1997)
Ciri perubahan perilaku yang merupakan hasil belajar yaitu :
·           Kebiasaan
Seperti peserta didik belajar bahasa berkali-kali menghindari kecenderungan penggunaan kata atau struktur yang keliru, sehingga akhirnya ia terbiasa dengan penggunaan bahasa secara baik dan benar.
·           Keterampilan
Seperti menulis dan berolah raga yang meskipun sifatnya motorik, keterampilan-keterampilan itu memerlukan koordinasi gerak yang teliti dan kesadaran yang tinggi.
·           Pengamatan
Yakni proses menerima, menafsirkan, dan memberi arti rangsangan yang masuk melalui indera-indera secara obyektif sehingga peserta didik mampu mencapai pengertian yang benar.
·           Berfikir asosiatif
Yakni berfikir dengan cara mengasosiasikan sesuatu dengan lainnya dengan menggunakan daya ingat.
·           Berfikir rasional dan kritis
Yakni menggunakan prinsip-prinsip dan dasar-dasar pengertian dalam menjawabpertanyaan krisis seperti “bagaimana” (how) dan “mengapa” (why).
·           Sikap
Yakni kecenderungan yang relatif menetap untuk bereaksi dengan cara baik atau buruk terhadap orang atau barang tertentu sesuai dengan pengetahuan dan keyakinan.
·           Inhibisi (menghindari hal yang mubazir)
·           Apresiasi (menghargai karya-karya bermutu)
·           Perilaku afektif
Yakni perilaku yang bersangkutan dengan perasaan takut, marah, sedih, gembira, kecewa, senang, benci, was-was dan sebagainya.





Sumber :
1.      Dikutip dari Benjamin Bloom CS. Tahun 1956. Taxonomy of education objective

B.       CIRI-CIRI PERUBAHAN PERILAKU SEBAGAI HASIL BELAJAR
ü  Perubahan tingkah laku interaksi sosial
ü  Perubahan kebiasaan yaitu belajar yang berhasil mengub ah kebiasaan buruk menjadi lebih baik
ü  Pengembangan dan peningkatan keterampilan yaitu dengan belajar dapat menambah dan mengubah keterampilan
ü  Peningkatan pengetahuan yaitu belajar bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam berbagai bidang ilmu

Sumber :
1.      Dikutip dari Dr. Usman, s.pd, Dr. Deni Kurniawan, M.pd, Cepi Riyana, M.pd. pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi

C.       CIRI-CIRI PERUBAHAN PERILAKU SEBAGAI HASIL BELAJAR
Menurut Gagne  (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) perubahan perilaku yang merupakan hasil belajar dapat berbentuk :
ü  Informasi verbal yaitu penguasaan informasi dalam bentuk verbal baik secara tertulis maupun lisan.
ü  Kecakapan intelektual yaitu keterampilan individu dalam melakukan interaksi dengan menggunakan simbol-simbol. Misalnya penggunaan simbol matematika.
ü  Strategi kognitif adalah kecakapan individu untuk melakukan pengendalian dan pengelolaan keseluruhan aktivitasnya.
ü  Sikap yaitu hasil pembelajaran yang berupa kecakapan individu untuk memilih macam tindakan yang akan dilakukan.
ü  Kecakapan motorik adalah hasil belajar yang berupa kecakapan pergerakan yang dikontrol oleh otot dan fisik.

Sumber :
1.          Dikutip dari Muhibbin Syah. Tahun 1999. Psikologi Belajar. Penerbit Logos. Cetakan ke-2,
2.         Whitherington. Tahun 1991. Psikologi Pendidikan. Penerbit Rineka Cipta. Cetakan ke-6
3.         Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. Tahun 2004. Psikologi Belajar. Penerbit Rineka Cipta. Cetakan ke-2


0 comments:

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

.comment-content a {display: none;}