Home » » Mabaguli sebagai Salah Satu Permainan Anak - anak Suku Bugis di Sulawesi Selatan

Mabaguli sebagai Salah Satu Permainan Anak - anak Suku Bugis di Sulawesi Selatan

Posted by DEC Development Education and Culture on Thursday 30 January 2020

DEC_Hi guys, ada banyak sekali bahan tulisan yang bisa kita bahas tentang permainan yang populer dikalangan anak - anak di Sulawesi Selatan. sama hanya di beberapa daerah atau mungkin diseluruh daerah di Indonesia. Salah satu yang akan kita bahas kali ini yakni 'Mabaguli' atau yang berarti bermain gundu.


Sudah menjadi ciri khas anak - anak untuk bermain dengan rekan sebayanya. baik itu anak laki - laki maupun perempuan. meramaikan waktu menjelang magrib, kebanyakan masyarakat pada umumnya akan bersantai ria di teras mereka melepas penak setelah bekerja seharian. Hal ini seakan membudaya di hampir setiap rumah. terlebih konsep rumah panggung masyarakat bugis jaman dulu sangat mendukung dan memberi lahan bermaiin anak yang lebih luas. Terkadang beberapa orang tua akan saling berkumpul dengan tetangganya dan bercengkrama sambil memerhatikan anak - anak mereka bermain.
sebelumnya kita sudah membahas beberapa jenis permainan yang cukup populer di kalangan anak - anak suku bugis di sulawesi selatan. kali ini kita akan memcoba memahami bagaimana sih makna permainan ini di mata pandang anak - anak di kala itu. Tentunya kita juga tahu bahwa beberapa bentuk, pola , ukuran dari gundu itu sendiri. hal ini tentu dimaknakan sendiri oleh anak - anak yang juga memiliki kenyakinan unik sendiri - sendiri.
Gundu sendiri memiliki sejarah pembuatan yang panjang mulai dari awalnya terbuat dari tanah liat, batu dan keramik yang hingga kini dibuat dengan kombinasi beberapa bahan yakni pasir, silika, soda kapur dan beberapa pigmen pewarna yang diproduksi oleh perusahaan besar. tentunya kita tidak akan membahas lebih jauh sola itu karena ada banyak artikel yang memjelaskan hal ini.

Telah dijelaskan pula oleh banyak literasi bagaimana manfaat permainan ini bagi pemainnya, terutama bagi anak - anak yang masih dalam proses pertumbuhan yakni mengasa kemampuan fisik anak, kalkulasi dan logika si anak. tak hanya itu, dengan ada kompetisi yakni mengumpulkan lebih banyak gundu dalam tanding memacu anak untuk bisa mengontrol keakuratan tembakan, tenaga yang di butuhkan dan di beberapa kasus anak - anak yang mampu menguasai permainan cenderung mampu mengontol emosi dan situasi yang tercipta selama pertandingan tersebut.

Bagaimana cara mainnya?
Anak - anak pada umumnya memiliki lebih dari satu gundu, satu sebagai pilihan bermain dan sisanya dijadikan sebagai alat bayar apabila mereka kalah. mereka akan menggambar petakan diatas tanah yang nantinya dijadikan sebagai medan permainan dan mengukur jarak dari arena sebagai awal start mereka. di arena sendiri terdapat satu garis tengah yang memotong horisontal lapangan menjadi dua bagian. para pemain yang berada di garis start yang memiliki jarak dari medan permainan secara bergantian akan melemparkan gundu mereka  dan sebisa mungkin mendekati garis tengah. setelah keseluruhan pemain selesai melempar maka akan dicari gundu pemain mana yang gundunya mendekati garis tengah atau tepat di tengan. urutan pemain dimulai sesuai dengan jarak tengah. pemain pertama akan mencoba menargetkan gundu lawan terdekat atau sesuai dengan rencana mereka. Bila kena, maka pemilik gundu terkena pinalti sehingga harus membayar pemain yang menyingkirkannya dengan taruhan yang sepadan, biasanya gundu cadangan mereka. Masing masing pemain secara berurutan menargetkan gundu lawannya, bila berhasil mengenai gundu lawan, maka mereka punya kesempatan sekali lagi untuk menarget lawan yang selanjutnya namun bila tidak berhasil menargetkan gundu lawan, maka secara otomatis kesempatan pemain akan berakhir dan di teruskan ke pemain yang lain seuai urutan awal permainan dari garis tengah. Masing - masing pemain punya kesempatan bermain sekali dan begitu semua telah selesai mendapat giliran maka permainan di mulai lagi. Menarik? pernahkan Anda mencobanya atau teman - teman termaksud salah satu pemain yang berhasil mengalahkan pemain lain dan mendapat keuntungan lainnya?
Jenis permainannnya tidak hany itu, ada berbagai jenis permainan yang mereka bisa lakukan. Proses permainan inilah yang disebut Mabaguli dari kata dasar Baguli yang berarti gundu atau kelereng dan kata kerja Ma yang berarti tindakan. Beberapa nama dari jenis permainan lainnya mungkin berbeda di beberapa tempat sesuai kesepakatan pemain dan tentu saja aturannya bisa jadi berbeda pula. namun secara umum begitulah permainan ini di mainkan. durasi permainan biasa dilihat dari ada tidaknya pemain yang kehabisan gundunya atau ada kesepakatan untuk menyudahinya. Permaiann ini pula tidak membatasi jumlah pemain, semakin banyak tentu medan permainannnya juga bisa di perluas dan hanya membutuhkan area lahan yang lebih sedikit.


0 comments:

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

.comment-content a {display: none;}