Home » » Bedah Karya, cerita layar lebar 'Iron Man' serta keunikannya

Bedah Karya, cerita layar lebar 'Iron Man' serta keunikannya

Posted by DEC Development Education and Culture on Wednesday 29 January 2020


DEC_Hi guys, sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang sekarang dengan sosok salah satu tokoh kartun komik Marvel yakni si manusa baja 'Iron Man'. Menjadi salah satu karya layar lebar yang bisa dibilang berhasil memperkenalkan kejaiban dunia Marvel dengan efek visual yang mencengankan mata. Tentunya sebagai film pembuka bagi Marvel Cinematic Universal (MCU) peran dari sosok manusia baja ini mennjadi sangat penting.

Berikut kita akan mencoba untuk membedah beberapa unsur dari film tersebut dengan memerhatikan dengan seksama detail - detail yang disuguhkan. bagi teman - teman yang tertarik untuk belajar bahasa Inggris, sebaiknya menonton film ini dengan tidak mengunakan penerjemah guna menajamkan indra pendengaran kita.


Unsur Intrinsik

1. Tema        = Super Hero
2. Alur Cerita     = Alur Maju
3. Karakter
    a. Tony Stark (IronMan)    = terlahir sebagai seorang yang jenius dan kaya, temprament, moody
    b. Pepper potts        = sekertaris pribadi Tony Stark, cekatan, sering beradu argument dengan bosnya, memerhatikan karir pekerjaannya
    c. Rodhey (colonel)    = berasal dari angkatan udara, berpendirian tegas, patriot, sahabat Tony Stark
    d. Obadiah Stane    = rekan bisnis ayah Tony yang ambisius,memiliki hasrat untuk memiliki perusahaan milik Tony Stark
    e. Yinsen        = seorang ahli penerjemah yang mengawasi Tony Stark dalam gua, menjadi juru kunci perubahan Tony Stark dalam cerita
    f. Happy Hogan        = supir pribadi Tony Stark (digambarkan dalam adegan penjemputan)
    g. agent Coulsen    = perwakilan dari organisasi SHIELD (belum digambarkan jelas tujuan dari organisasi ini)
    h. Nick Fury        = pemimpin organisasi SHIELD (ditampilkan di adegan tambahan pada penutup film)
4. Setting
    a. tempat    = cerita menampil beberapa lokasi yang berbeda guna mendukung kerialitasan jalan cerita
    b. waktu    = berlokasi waktu ditahun 2018
    c. bahasa    = menggunakan beberapa bahasa, bahasa utama bahasa Inggris

5. Istilah /  dialog  
    ada beberapa dialog yang ditampilkan menggunakan bahasa santai yang cukup unik ketika di terjemahkan dalam bahasa indonesia      
    a. Tony            = You kidding me you hand up your hands, Right?
    b. female soldier    = Contact Left
    c. Obie            = we are team, you understand there is nothing that we cann't do, if we can stick together like your father and I
    d. Tony            = sometime you gotta run before you can walk
    e. agent Coulsen    = yeah, we heard it a lot
    f. Tony            = we make a date

6. Konflik
    diceritakan Tony Stark merupakan pemuda jenius yang menjalankan bisnis pembuatan dan pemuktahiran senjata ditangkap setelah melakukan uji coba senjata terbaru miliknya.
    kelompok radikal (the Ten Rings) lalu menangkap dan memasukkan Tony dalam sebuah gua guna dipekerjapaksakan untuk menciptakan senjata hebat untuk kepentingan mereka.
    Tony yang semula menyerah akhirnya mulai merencanakan untuk kabur setelah mendapat nasihat dari Yinsen (juru bicara). namun akhirnya tewas dalam usaha mereka melarikan diri.
    sekembalinya Tony setelah berhasil melawan dan melarikan diri dari The Ten Rings, Tony mulai melanjutkan rancangan baju besinya dengan tujuan untuk menghapus semua senjata rancangannya yang jatuh ketangan yang salah
    konflik kembali memanas ketika Obadiah memahami gerak gerik Tony lalu kembali mendatangi kelompok radikal the Ten Ring setelah mendapat kabar adanya rancangan awal Tony ketika kabur dari tempat persembunyian mereka.
    konflik bertambah ketika Tony mulai mencoba baju tempur canggih miliknya kemudian militer mulai mencari tahu tentang teknologinya, beruntung sabahatnya Rodhey mampu menstabilkan suasana dan tetap merahasiakan hal tersebut.
    konflik memuncak ketika Pepper atas ijin Tony mengetahui bahwa Obadiah merupakan otak dari penculikan Tony dan menyiapkan rencana untuk menyingkirkan bosnya sendiri.
    konflik tak terelakkan ketika tony yang sekarat setelah arc reaktornya dicuri obadiah dan bertempur dengan kondisi lemah hingga akhirnya dia meneng setelah dibantu oleh Pepper dan beberapa agent SHIELD yang datang lebih awal untuk menangkap Obadiah.

7. Amanat
    ada banyak sekali amanat yang bisa diambil dari film 2 jam dan 5 menit tersebut. bagaimana karakter Tony Stark yang berubah merasa bertanggung jawab atas segala perbuatannya semasa menjadi pedagang senjata.




0 comments:

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

.comment-content a {display: none;}