BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pembelajaran merupakan
proses komunikatif-interaktif antara sumber belajar, guru, dan siswa yaitu
saling bertukar informasi. Istilah keterampilan dalam Pembelajaran Keterampilan
diambil dari kata terampil (skillful) yang mengandung arti kecakapan
melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan cekat, cepat dan tepat. Kata cekat
mengandung makna tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi dari sudut pandang
karakter, bentuk, sistem dan perilaku obyek yang diwaspadai. Di dalamnya
terdapat unsur kreatifitas, keuletan mengubah kegagalan menjadi keberhasilan
(adversity) serta kecakapan menanggulangi permasalahan dengan tuntas. Istilah
cepat merujuk kepada kecakapan mengantisipasi perubahan, mengurangi kesenjangan
kekurangan (gap) terhadap masalah, maupun obyek dan memproduksi karya
berdasarkan target waktu terhadap keluasan materi, maupun kuantitas sesuai
dengan sasaran yang ditentukan. Kata tepat menunjukkan kecakapan bertindak
secara presisi untuk menyamakan bentuk, sistem, kualitas maupun kuantitas dan
perilaku karakteristik obyek atau karya.
B. Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dikaji
dalam makalah ini, yaitu:
A. Komponen
pembelajaran
1. Pengertian
komponen pembelajaran
2. Macam-macam
komponen pembelajaran
3. Peran
dan hubungan masing-masing komponen pembelajaran
4. Fungsi
masing-masing komponen pembelajaran
C. Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penulisan yang ingin
dicapai, yaitu :
a.
Untuk mengetahui
tentang komponen pembelajaran
D. Manfaat
penulisan
Adapun
manfaat penulisan yang ingin dicapai, yaitu:
a. Untuk
mengetahui tentang berbagai komponen pembelajaran.
b. Semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan rekan-rekan mahasiswa lainnya.
Sebagai referensi bagi
penulis yang ingin mengkaji permasalahan secara yang relevan.Selanjutnya...
0 comments:
Post a Comment