Home » , » Contoh Penulisan Berita (Feature News) Untuk Pelatihan Kepenulisan Untuk Calon Jurnalis Profesional

Contoh Penulisan Berita (Feature News) Untuk Pelatihan Kepenulisan Untuk Calon Jurnalis Profesional

Posted by DEC Development Education and Culture on Saturday 12 August 2023

 DEC_Hi guys, melanjutkan tulisan admin tentang bentuk penulisan berita lainnya yakni Feature News. dikesempatan ini pula, admin akan menshare tulisan yang sebelumnya telah dibuat dan juga telah ditinjau ulang bentuk penulisannya selama masa pelatihan. Sebagai Gambaran, Feature News merupakan bentuk dari salah satu gaya kepenulisan penyajan berita yang memadukan paduan berita dan opini dengan menambahkan bentuk gaya bercerita yang menyentuh serta memadukan tulisan berbentuk sastra dan tehnik story telling. Berikut contohnya di bawah ini.



Hari Minggu yang Tidak Sepenuhnya Menyenangkan

 

Akhir pekan selalu ditandai dengan istrahat dari segala rutinitas berat di enam hari sebelumnya. Apakah itu kesibukan bekerja ataupun belajar dan atau mungkin keduanya. Dari pandanganku semuanya sama saja. Hanya mengulangi sebuah aktivitas masa ditiap harinya. Hari minggu pun begitu, bedanya mengulangnya hanya sepekan sekali.

 

Terkadang saya sering bangun 30 menit lebih lambat dari hari biasanya yang mana di hari sebelumnya saya bangun salat dan Bersiap pula untuk berangkat kerja. Karena tinggal sendiri, saya sudah mulai terbiasa untuk mengurusi pekerjaan rumah lebih rutin setiap harinya. Terkhusus di hari minggu biasanya saya lebih telat dikarenakan tidur di malam sebelumnya juga lebih lambat.

 

Merapikan pakaian kotor untuk dibersihkan dan dicuci apabila harinya terik. Tapi bila cuaca tidak teratur, biasanya kubawa saja ke binatu. Hal ini juga memudahkanku dalam beraktifitas atau sekadar rehat sejenak sambal menatap ponsel lebih lama.

 

Terkadang istri juga mengabari bagaimana keadaannya di rumah dan keluarga. Tidak Bersama dengannya karena faktor ekonomi juga sedikit membebani, melihat beberapa pasang lainnya bisa bersamaa di akhir pekan mereka. Tapi bila kami paksakan, ada banyak hal yang mesti kami abaikan jadi memilih untuk berpisah sementara bukanlah pilihan yang buruk juga.

 

Sarapan pun lebih telat dari biasanya. Ketika menyelesaikan rutinitas minggu (21/07/2022 ) pagi, tengah hari telah berlalu. Terdapat sedikit masalah kantor yang harus diselesaikan. Sehingga pagi ini lebih cepat rasanya. Hanya bersandar di kursi kerja dan azan zuhur sudah berkumandang. Seperti kata orang, “hari minggu hanya sampai tengah hari, setelahnya adalah persiapan hari senin” saya setuju dengan itu.

 

Saya pun mencoba untuk mendapatkan waktu tidur siang saya yang hanya 30 menit dengan mencoba menyelesaikan kerjaan ini dengan sedikit lebih serius. Meski sedikit kesal karena digangu di hari libur, tapi menitipkan pada orang lain juga beresiko membuat masalahnya bisa jadi lebih besar.

 

Saya juga telah membuat memo untuk dijadikan bahan untuk meeting di pekan selanjutnya. Menyalakan laptop dengan koneksi wifi kosan yang tidak stabil membuat kerjaan ini jadi lebih lambat. Bahkan setengah kerjaan nya saja yang selesai, adzan ashar sudah berkumandang.

 

Selesai sudah waktu tidur siangku. Mengerutuh sambil mengerjakan tugas tidak membuat kerjaanku menjadi lebih cepat. Sepertinya saya juga haru mengusut kejadian di restauran kemarin hingga transaksinya bisa jadi sekalut ini. Saya juga harus mencatat bagaimana transaksi selanjutnya harus dilanjutkan.

 

Hingga mendekati waktu magrib, kerjaan ini pun selesai. Kurang lebih dua cangkir kopi sudah habis kuteguk. Saya juga sudah memegang nama beberapa staff yang bermasalah yang harus saya temui besok. Merapikan schedule pertemuan sudah saya siapkan dan yang terpenting berita kronologi dari tiap mereka seharusnya sedang mereka kerjakan.

 

Saya pun Kembali merebahkan badanku pada Kasur lipat tipis yang saya siapkan sebelumnya. Minggu kali ini Kembali terlewatkan tanpa ada hal berarti. Sekedar menelpon pulang pun tidak sempat. Rencana lainnya pun terbengkalai dan hanya bisa di lakukan dipekan depan.


Artikel Pelatihan yang terkait:

Tugas 1: Mengenal Contoh Penulisan Berita

Tugas 3: Contoh Penulisan Berita Straight News

Tugas 5: Contoh Penulisan Berita (Opinion News)


0 comments:

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

.comment-content a {display: none;}