Home » , » Contoh Tugas Penulisan Berita (Straight News) Pelatihan Kepenulisan untuk calon Jurnalis Profesional

Contoh Tugas Penulisan Berita (Straight News) Pelatihan Kepenulisan untuk calon Jurnalis Profesional

Posted by DEC Development Education and Culture on Wednesday 9 August 2023

 DEC_Hi guys, tugas pada pertemuan kedua pada pelatihan kepenulisan Prakerja yang bekerja sama dengan lembaga kursus Baking World yakni pembacaan berita. secara ringkas dijelaskan bahwa ada beberapa teknik dalam pembacaan berita. pelafalan Bahasa Indonesia yang baik serta penggunaan tanda baca serta penekanan kata dengan stressing dinilai sangat penting untuk meminimalisir adanya ambiguinitas pada proses pembacaan berita. dikesempatan ini, admin DEC tidak akan mebagikan tugas kedua yang berupa vidio pembacaan dengan format vidio pada laman ini. namun selanjutnya admin akan masuk pada tugas ketiga, penulisan berita.



Pada artikel berita dibawah merupakan muatan berita fiktif yang bertujuan untuk melatih peserta untuk mampu menulis berita dengan baik dan benar menyesuaikan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pada prosesnya, para peerta diminta untuk menuliskan berita dengan format 5W1H. lebih lanjut, pemateri akan memberikan beberapa potongan berita yang nantinya akan dibentuk ulang oleh peserta pelatihan yang nantinya akan dikoreksi kembali. Setiap peserta yang mendapat kesempatan untuk mendapatkan revisi pada tulisannya akan diarahkan lansung oleh pemateri sampai waktu pelatihan pada pertemuan itu selesai. Berikut salah satu contohnya:


Puntung Rokok yang Meludeskan Pabrik Walikota Bekasi

 

Kebakaran Pabrik kertas  milik walikota Bekasi terjadi pada hari Rabu (19/7/2023) pukul 23.00 WIB. Keterangan lebih lanjut disampaikan oleh Kapolres Metro Bekasi kota, Kombes Pol Djaka Susila. “Api didug berasal dari punting rokok salah satu karyawan yan sedang istrahat di lokasi kejadian” terangnya.

Lebih lanjut diketahui bahwa sebanyak 20 mobil pemadam kebakaran yang turut dikerahkan untuk memadamkan si jago merah. Kebakaran yang menimpah pabrik kertas milik walikota Bekasi Andi  Ikhbal ini yang juga terletak pada Kawasan Bekasi Timur tersebut berhasil dipadamkan 5 jam setelahnya dikarekanan material pabrik yang mudah terbakar.

Beruntungnya tidak ada korban jiwa pada kasus ini. Setidaknya ada empat karyawan yang menjadi korban. Sebagian mendapat luka berat dikarenakan disaat kejadian para korban masih berada di area pabrik kertas tersebut. Hingga saat ini para korban telah dirawat di Rumah Sakit Hermina.

Dikejadian ini juga berdampak pada kerugian materil yang diperkirakan mencapai Rp 1 Milliar mengingat kebakaran ini mecakup keseluruhan pabrik. Pemilik pabrik sendiri belum bisa dikonfirmasi perihal kejadian ini.


Artikel Pelatihan yang terkait:

Tugas 1: Mengenal Contoh Jenis Tulisan Berita

Tugas 4: Contoh Penulisan Berita (Feature News)

Tugas 5: Contoh Penulisan Berita (Opinion News)


0 comments:

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

.comment-content a {display: none;}