Home » , » Mengenal contoh pelatihan Prakerja: Pelatihan kepenulisan Junalistik

Mengenal contoh pelatihan Prakerja: Pelatihan kepenulisan Junalistik

Posted by DEC Development Education and Culture on Wednesday 9 August 2023

 DEC_Hi guys, di kesempatan kali ini DEC akan membagikan salah satu contoh tugas latihan awal untuk program Prakerja yang telah admin ambil. Adapun program pelatihan Prakerja yang admin sebutkan yakni pelatihan kepenulisan untuk Jurnalis Profesional yang bekerja sama dengan lembaga pelatihan online Baking World. Adapun diawal pelatihan akan diadakan pre test untuk mengetahui dasar kemampuan peserta dalam mengikuti pelatihan. selanjutnya akan ada tugas dari setiap pertemuan yang melatih kemampuan peserta pasca penjelasan dari pemateri.


Menarik untuk diketahui, lembaga kursus online ini menyediakan tiga admin yang akan menghandle kelas selama lima pertemuan. Diantaranya ada Admin yang mengotrol absensi, Assisten Pemateri yang bertugas mengawasi dan memberikan arahan seputar pelatihan, tugas dan lainnya serta pemateri yang akan bertugas sebagai narasumber utama pada pelatihan tersebut. Berikut beberapa contoh dari pelatihan Prakerja yang bekerjasama dengan lembaga kursus Baking World.


Tugas I: Tugas wartawan dan kode etik jurnalistik

Sumber acuan berita: https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-356891839/tbi-bumn-2023-banyak-istilah-aneh-banget-erick-thohir-ditantang-untuk-ikuti-tes?page=2

 

Setelah membaca artikel berita pada laman acuan berita, yang bisa saya garis bawahi yakni penulis berita mencoba untuk menguatkan dasar argumentasinya dengan mengutip beberapa cuitan di twitter yang sempat ramai mengomentari tes bahasa Inggris (TBI). Penulis hanya mengutip beberapa cuitan tanpa menyebutkan nama akun untuk tiap cuitan yang penulis sebutkan. Penulis juga menutup tulisannya dengan kutipan Menteri BUMN Erick Tohir yang juga telah merespon reaksi yang muncul terkait berita yang disampaikan. Namun penulis tidak menyebutkan sumber lansung dari beritanya, apakah pernyataan tersebut di ambil lansung ataukah dikutip dari berita lainnya ataukah dari akun sosial medianya.


Artikel Pelatihan yang terkait:


0 comments:

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

.comment-content a {display: none;}