Home » , » Contoh Penulisan Berita (Opinion News) Untuk Pelatihan Kepenulisan Untuk Calon Jurnalis Profesional

Contoh Penulisan Berita (Opinion News) Untuk Pelatihan Kepenulisan Untuk Calon Jurnalis Profesional

Posted by DEC Development Education and Culture on Saturday 12 August 2023

DEC_Hi Guys, setelah mengenal beberapa dari bentuk penulisan berita sejauh ini, kita pun masuk pada bentuk opini berita. Meskipun seorang jurnalis diperbolehkan menuangkan opininya dalam suatu bentuk berita yang mereka tulis dan diajukan untuk diberitakan, namun kesemuanya masih harus mengikuti kaidah-kaidah penulisan jurnalistik. oleh karenanya sangat penting untuk tetap menuliskan berita tersebut sesuai dengan faktanya dan tidak mengubah berita baik itu sedikit, sebahagian maupun keseluruhan untuk maksud tertentu. Opini yang dimaksudkan disini yakni tanggapan penulis berita sendiri tentang berita atau kejadian yang telah mereka ketahui dan ditulis dalam bentuk berita.



Berikut merupakan salah satu contoh berita opini yang dimuat melalu berita dengan sumber fiktif untuk keperluan pelatihan penulisan berita. 


Wisata Bukit Pacongai

Terdapat sebuat tempat wisata yang terhitung baru yang dapat dikunjungi di Desa Mattampawalie, Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Lokasinya kurang lebih sekitar tiga kilo meter setelah Wisata Hutan Pinus Bulu Tanah Lapri Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Di lokasi ini pula terdapat beberapa wisata alam lainnya yakni hamparan bukit dan air terjun yang menyajikan bentang alam indah.

 

Sebelumnya, tempat wisata ini telah diresmikan oleh Bupati Kabupaten Bone H. Andi Fashar Fadjalangi yang di damping oleh Camat Kecamatan Tellu Limpoe H. Usman Mahmud (05/04/2022) yang menjadikan wisata ini sebagai tempat wisata terbaru dari keempat wisata lainya. Peresmiannya juga di hadiri oleh perwakilan Kementerian kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan beserta para pejabat daerah. “Menandai wisata kebanggaan masyarakat kabupaten Bone sebagai wisata alam tertinggi yang ada di Kabupaten Bone.”

 

Di wisata Bukit Pacongai ini menjadi lokasi wisata yang paling tinggi dan terjauh dari keempat wisata bertema alam lainnya. Dengan menyajikan bukit batu yang menculang setinggi 30 meter di atas perumahan penduduk memberikan sensasi tersendiri terutama untuk para pelancong yang menyukai wisata dengan kategori adrenalin tinggi. Wisata Bukit Pacongai ini juga membuka peluang kerja baru bagi masyarakat sekitar.

 

Tidak hanya itu, wisata ini juga menawarkan olahraga flying fox dengan jarak kurang lebih 20 meter dengan ketinggian di atas 15 meter yang melintasi dua bukit terpisah, yakni bukit batu dan juga bukit tanah yang tepat berada di seberang bukit batu. Ada juga spot foto sepeda gantung dan puncak batu dengan pemandangan landscape dua kecamatan yakni Tellu Limpoe dan Lappariaja. Ada juga penyewaan motor empat roda ATV Off-Road dengan lintasan menuruni bukit dari tepian bukit batu ke lereng di seberangnya yang memutari area wisata. Adapun tarif untuk motor ATV yakni sebesar 25 ribu rupiah perjam dan 15 ribu rupiah untuk sepeda gantung dan flying Fox. Tentunya beberapa wisata kuliner mulai dari makanan dan minuman siap saji hingga beberapa olahan hasil alam daerah tersebut berupa sukun, pisang dan ubi-ubian bisa dinikmati oleh para pengunjung wisata.

 

Untuk mengunjungi daerah wisata tersebut, maka para pelancong bisa mendatangi desa Arroke Kecamatan Lappariaja yang berada tepat di jalan poros Makassar – Bone. Di desa ini nantinya akan ditemukan beberapa papan penunjuk arah yang menunjukkan jalan masuk kearea hutan pinus. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 15 – 20 menit dari jalan poros hingga mencapai wisata hutan pinus. Dari sana dapat dilanjukan lagi sekitar lima sampai tujuh menit untuk sampai ke Wisata Bukit Pacongai.

 

Adapun kendala yang dihadapi para pelancong yakni akses jalan yang masih kurang baik. Sebagai tempat wisata baru, jalan daerah ini masih sempit dan tengah diperbaiki terutama untuk jalan yang berlubang. Jalanan pun masih cukup terjal mengingat daerah wisata ini menyuguhkan wisata alam yang berada diatas bukit. Diharapkan kedepannya akses jalan di wilayah ini bisa segera di prioritaskan oleh Pemkab Kabupaten Bone. Perluasan serta pemulusan jalan sangat diharapkan dan dinantikan oleh masyarakat sekitar yang rumahnya di lewati akses jalan ini.

 

Artikel Pelatihan yang terkait:

 Tugas 1: Mengenal Contoh Penulisan Berita

Tugas 3: Contoh Penulisan Berita Straight News

Tugas 4: Contoh Penulisan Berita Feature News

 


0 comments:

Popular Posts

Powered by Blogger.

Followers

.comment-content a {display: none;}